Meningkatkan Kompetensi Guru Staf Melalui IHT (In House Training) SD Muhammadiyah Palur

ums.ac.id, SUKOHARJO – SD Muhammadiyah Palur kembali melaksanakan In House Training untuk meningkatkan capacity building guru dan stafnya, kegiatan ini telah rutin dilaksanakan tiap liburan kenaikan kelas.

Nur Laili selaku koordinator kegiatan menjelaskan, pada kesempatan tahun ini , In House Training diselenggarakan hari Senin – Selasa, 24 – 25 Juni 2024 bertempat di SD Muhammadiyah Palur. Dua tema dipilih dengan menghadirkan tiga narasumber yang expert di bidangnya. Seperti Haryadi Nurwanto, S.PSI, PSI (Psikologi), Eko Pujiatmoko, SE, M.AK (PDM Sukoharjo).

BACA JUGA Mahasiswa UMS Bangga dan Berterima Kasih Usai Magang di SD Muhammadiyah Palur!

Dia juga menyampaikan, tahun ini mengusung tagline SDMP SOLID, pihak sekolah berharap formasi guru dan staf SD Muhammadiyah Palur dapat benar-benar mengimplementasikan sinergitas bersama, selalu optimis dalam menghadapi setiap perubahan, memiliki loyalitas dan integrasitas terhadap persyarikatan, serta selalu berdedikasi terhadap setiap amanah yang diberikan.

Kegiatan tersebut dihadiri seluruh dewan guru dan staf SD Muhammadiyah Palur, Mojolaban, Sukoharjo.

Dalam sambutannya, Noor Afifah Rachmawati selaku kepala sekolah menyampaikan, fokus dalam IHT ini sebagai pendidik, kita memiliki tanggung jawab besar untuk membentuk karakter dan masa depan anak-anak didik kita.

“Di era yang semakin kompleks ini, pemahaman tentang psikologi sangatlah penting. Dengan mengerti psikologi, kita dapat lebih memahami kebutuhan emosional dan perkembangan mental siswa-siswa kita. Hal ini akan membantu kita untuk lebih efektif dalam mendidik, memberikan bimbingan, serta membangun lingkungan belajar yang kondusif dan mendukung”.

Selain itu, sebagai bagian dari keluarga besar Muhammadiyah, kita harus selalu ingat akan identitas dan tanggung jawab kita. Menjadi guru Muhammadiyah bukan hanya tentang memberikan pengetahuan akademis, tetapi juga menanamkan nilai-nilai Islam yang moderat dan berkemajuan. Kita harus bangga menjadi bagian dari Muhammadiyah, sebuah gerakan yang telah banyak berkontribusi dalam bidang pendidikan di Indonesia. Tambahnya

Dia berharap melalui kegiatan in house training ini bapak ibu dapat mendapatkan wawasan baru, memperdalam pengetahuan, serta meningkatkan kompetensi profesional. Marilah kita jadikan momen ini sebagai kesempatan untuk saling berbagi pengalaman dan belajar satu sama lain.

“Saya yakin dengan semangat dan dedikasi yang kita miliki, kita dapat menghadirkan pendidikan yang tidak hanya berkualitas tetapi juga humanis dan berkarakter. Marilah kita bersama-sama berusaha untuk selalu meningkatkan kualitas diri dan terus berinovasi dalam metode pengajaran kita”. Tutupnya

Kontributor: Choerul Anam