Optimasi Pengelolaan Ramah Sampah Digital, IMM Adam Malik FKI UMS Lolos Pendanaan PPK Ormawa Kemendikbud Ristek 2024

ums.ac.id, PABELAN – Tim Program Penguatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) Pimpinan Komisariat Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (PK IMM) Adam Malik Fakultas Komunikasi dan Informatika (FKI) berkolaborasi dengan PK IMM Averroes Fakultas Teknik (FT) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) berhasil lolos pendanaan Program Penguatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) Tahun 2024 dengan mengangkat tema “Green Influencer Sampah: Optimalisasi Pengelolaan Rumah Sampah Digital di Desa Trangsan, Sukoharjo menuju Zero Waste Village”.

Tim Pelaksana Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) IMM Adam Malik FKI dan IMM Averroes FT UMS, serta Dosen Pendamping dan PIC Tim PPK Ormawa bersama tim pendukung telah mengadakan sosialisasi di Balai Desa Trangsan pada Selasa, (4/6).

PIC Teknis Tim PPK Ormawa, Umda Garit Artiar, mengungkapkan bahwa kehadiran tim di Desa Trangsan adalah untuk mendorong partisipasi masyarakat, terutama pemuda, dalam menyukseskan program.

“Intervensi digital di bank sampah diharapkan dapat memberikan manfaat jangka panjang bagi kita semua,” ujar mahasiswa Ilmu Komunikasi yang juga PIC Teknis Tim PPK Ormawa itu Sabtu, (15/6).

Sosialisasi ini bertujuan untuk: (1) Mengenalkan profil tim dan program PPK kepada masyarakat Desa Trangsan; (2) Melakukan koordinasi keterlibatan kelompok sasaran selama program dilaksanakan; (3) Melakukan koordinasi timeline bersama mitra dan kelompok sasaran.

PIC Media Tim PPK Ormawa, Pranaya Edi Setama, berharap agar terjalin kerjasama yang baik antara tim dan masyarakat selama pelaksanaan program.

Dosen Pendamping Tim PPK Ormawa IMM Adam Malik, Agus Triyono, S.Sos., M.Si., mengungkapkan bahwa program ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan masyarakat dalam pengelolaan bank sampah.

Dalam sosialisasi tersebut, acara dibuka dengan sambutan dari Kepala Desa Trangsan, Bapak Mujiman, yang menyambut baik kehadiran tim dan program PPK di Desa Trangsan. Beliau berharap program ini dapat memberikan manfaat bagi masyarakat.

Sosialisasi berlangsung dengan baik dan hangat. Masyarakat Desa Trangsan antusias mengikuti penjelasan dan diskusi tentang program PPK yang telah diusung. Tim PPK Ormawa IMM Adam Malik berkomitmen untuk bekerja sama dengan masyarakat Desa Trangsan dalam mewujudkan program yang bermanfaat bagi semua pihak. (Fika/Rezza/Humas)