3 Tim Robot UMS Lolos Seleksi Wilayah KRTI Tahun 2024 Kemendikbud Ristek

ums.ac.id, PABELAN – Tiga Tim Robot Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) lolos ke tingkat wilayah pada ajang Kontes Robot Terbang Indonesia (KRTI) tahun 2024.

Wakil Dekan III Fakultas Teknik (FT) UMS, Dr. Ir. Indah Pratiwi, ST., MT., IPM mengungkapkan rasa syukurnya karena tiga tim dari UMS lolos ke tingkat wilayah pada KRTI tahun 2024. Tiga tim tersebut adalah Divisi Racing Plane dengan nama tim ‘Cakrawangsa’, Divisi Vertical Take-Off Landing (V-TOL) dengan nama tim ‘Aerobo Dirga Lawu’, dan Divisi Technology Development (TD) dengan nama tim ‘Suryamu Aerospace’.

“Proses seleksi nya melalui beberapa tahap, tahapan satu yaitu tim secara lengkap mendaftarkan tim nya di akun BPTI Kemendikbud ristek, dan dosen pendamping melakukan approve. Selanjutnya tim diminta untuk submit proposal secara lengkap di akun tersebut. Tahap dua dilakukan evaluasi tahap 1 berupa desk evaluation. Tahap 3 evaluasi tahap 2 yaitu visitasi secara daring terkait kesiapan dari masing-masing tim. Tahap 4 adalah seleksi wilayah, dan tahap 5 adalah final nasional,” paparnya, Selasa (30/7).

Rencana selanjutnya untuk tim dari UMS, lanjutnya, adalah terus berlatih. Berbagai riset dijalankan dengan menerbangkan robotnya sehingga harapannya dapat lolos wilayah dan masuk ke nasional.

“Harapannya lolos nasional dan dapat juara di tingkat nasional,” pungkas Wakil Dekan III FT UMS itu.

Berdasarkan pengumuman hasil visitasi daring dan pengecekan kesiapan tim KRTI tahun 2024, ada beberapa informasi. Dalam surat tersebut diinformasikan bahwa peserta seleksi tingkat wilayah agar mempersiapkan tim, wahana, dan infrastruktur yang diperlukan dengan dukungan masing-masing Perguruan Tinggi.

Saat ini, tim dari UMS telah mulai mempersiapkan lintasan untuk keperluan seleksi. Seleksi tingkat wilayah KRTI tahun 2024 dilaksanakan pada 14-16 Agustus 2024 mendatang. (Fika/Humas)