8 Robot Divisi KRTMI Melaju ke Babak Perempat Final

  • Post category:Berita
  • Reading time:3 mins read
You are currently viewing 8 Robot Divisi KRTMI Melaju ke Babak Perempat Final

ums.ac.id, SOLO – Pertandingan hari pertama divisi Kontes Robot Tematik Indonesia (KRTMI) pada Kontes Robot Indonesia (KRI) 2024 tingkat nasional telah usai. Pertandingan hari ini mengantarkan 8 tim untuk melaju ke babak perempat final, Kamis (4/7).

Dalam kesempatan tersebut, Dewan Juri divisi KRTMI Ir. Indrawanto, M.Eng., Ph.D., menerangkan pada tingkat nasional total peserta yang mengikuti adalah 24 tim yang telah berhasil lolos dari beberapa seleksi awal. Total peserta awal adalah sebanyak 72 tim.

Indrawanto juga menerangkan jika pada tingkat nasional ini terdapat perbedaan aturan dari seleksi wilayah sehingga tim harus dapat memprogram dengan aturan yang baru. Pada seleksi tingkat wilayah, posisi sampah statis (diam) sehingga dengan begitu robot bisa di program tidak berdasarkan jenis sampah ataupun apa, tetapi berdasarkan posisi saja. Karena posisi dari setiap sampah sudah diketahui, sehingga dengan begitu robot program untuk mendeteksi posisi jenis tertentu, sehingga itu lebih mudah.

“Pada saat nasional ini poisisi sampah itu tidak tentu karena berada di conveyor, sehingga dengan begitu tim harus melibatkan atau menggunakan sennsor yang mampu mendeteksi jenis sampah. nah ini keliatannya beberapa tim masih kesulitan untuk mendeteksi apakah itu sampah daun, plastik, logam. Nah itu memerlukan pengetahuan atau pemahaman tentang sensor untuk berbagai jenis material,” paparnya.

Selain itu, Indrawanto menyampaikan bahwa dewan juri gembira karena peserta memiliki antusias yang tinggi terhadap masalah ini, karena ini adalah masalah kita untuk masa depan. Permasalahan sampah ini menurutnya adalah masalah yang saat ini semakin lama magnitudenya semakin besar. Dia berharap, mahasiswa dapat menekuni keahlian mereka karena ini dampaknya tidak hanya kebersihan tetapi juga bernilai ekonomi.

“Jika ada suatu alat robot dan sebagainya yang mampu memilah sampah tersebut maka tidak hanya solusi kebersihan dan kesehatan tetapi juga sebenernya sampah memiliki nilai ekonomi, karena sampah yang terpilah dengan baik misalkan jenis logam yang sama bisa dijual, kemudian jenis plastik itu juga sekarang banyak yang berminat untuk mendaur ulang, dan mungkin untuk sampah organik bisa untuk pupuk,” pesannya. (Maysali/Humas)

8 tim yang lolos ke babak perempat final besok Jumat, (5/7) adalah:

1. ANJANI dari Universitas Negeri Surabaya
2. TITANIUM dari Universitas Telkom
3. ASTRO 24 dari Universitas Telkom
4. MR.CRUSH dari Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
5. RR EL GANADOR dari Universitas Muhammadiyah Surakarta
6. ETERNOS dari Politeknik Elektronika Negeri Surabaya
7. ABHINAYA dari Universitas Negeri Yogyakarta
8. RIVAL dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember