Gelar FGD World Class University ke-3, UMS Semakin Dekat Menuju Kampus Kelas Dunia

ums.ac.id, SOLO – Semakin dekat untuk menjadi kampus kelas dunia, Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) menyelenggarakan Focus Group Discussion (FGD) WCU sesi ke-3 bertopik “UMS Citation Improvement”. Kegiatan tersebut bertempat di Ruang Meeting Lt.3 Fakultas Farmasi UMS, Kamis, (25/7).

FGD tersebut mengundang Wakil Rektor, Dekan, dan Kepala Pusat Studi. Kepala Pusat Studi dilibatkan dalam kegiatan tersebut karena meupakan ujung tombak penelitian di UMS.

Kepala Biro Humas dan Pemeringkatan (BHP) UMS, Gunawan Ariyanto, S.T., M.Comp.Sc, Ph.D., menyampaikan topik FGD yang ke-3 itu tentang peningkatan sitasi dan juga tentang Satu Data. Satu Data merupakan platform integrasi data di UMS.

“Yang kita bahas adalah bagaimana strategi yang dilakukan untuk meningkatkan sitasi yang ada di UMS, kemudian dalam diskusi ini juga sudah tersusun RTL (Rencana Tindak Lanjut),” papar Kabiro.

Salah satu strategi yang dikembangkan internasionalisasi UMS yaitu meningkatkan kolaborasi internasional yang sudah disepakati oleh partisipan FGD. Hal ini sudah terbukti dari data yang ada, paper dan kolaborasi internasional membuahkan sitasi yang tinggi.

Gunawan juga mengatakan pada pembukaan FGD Wakil Rektor bidang Kerja Sama dan Urusan Internasional, Prof. Supriyono, S.T., M.T., Ph.D., menyampaikan tentang usaha yang saat ini sudah ada tentang perangkingan Quacquarelli Symonds (QS) yang menggunakan indikator sitasi dan juga tentang platform Satu Data yang coba dikembangkan oleh UMS.

Kabiro berharap usulan yang telah dibuahkan dari FGD itu bisa diterima oleh Rektor UMS, Prof. Dr. Sofyan Anif, M.Si., kemudian selanjutnya bisa diejawantahkan dalam program-program UMS ke depan, sehingga yang saat ini sudah bagus tetap dipertahankan namun yang kontra produktif segera diperbaiki dan program baru segera bisa terwujud. (Yusuf/Humas)