HW PGSD UMS Gelar Pelatihan Jaya Melati 1, Bentuk Kader Sesuai Visi Misi Muhammadiyah

ums.ac.id, SOLO – Qabilah Hizbul Wathan (HW) Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) menyelenggarakan pelatihan Jaya Melati 1 PGSD UMS 2024 yang berlangsung selama 3 hari, 25 – 27 Juli 2024 dan pembukaan dilaksanakan di GOR Kampus 2 UMS.

Jaya Melati merupakan sistem latihan anggota dewasa dalam Kepanduan HW untuk mempersiapkan menjadi Pemimpin di Qabilah yang berkualitas. Pelatihan itu memberikan bekal dasar agar peserta pelatihan mampu menghasilkan pelatih Athfal, Pengenal, dan Penghela yang berkualitas.

Jaya Melati 1 merupakan wahana untuk menimba pengalaman, pengetahuan, serta informasi berbagai hal tentang kepanduan secara menyeluruh. Kegiatan tersebut bertujuan memberikan bekal dasar untuk dikembangkan dalam Qabilah agar mampu menghasilkan seorang pelatih Athfal, Pengenal, dan Penghela yang lebih beriman, taqwa, tanggung jawab, trampil, dan cerdas.

Ketua Pelaksana Jaya Melati, Ismokoweni, mengutarakan ada empat tujuan adanya kegiatan pelatihan Jaya Melati 1.

“Pertama, membentuk sebagai kader ideologis bahwa HW melahirkan kader-kader Muhammadiyah dari kepanduan yang berkarakter Islami. Ke dua, kader HW mempunyai peran masyarakat yang sesuai dengan visi-misi Muhammadiyah dari kepanduan yang berkarakter Islami. Ke tiga, dapat membantu mengembangkan kecakapan, sikap, dan perilaku sesuai dengan tuntutan zaman. Terakhir, memiliki keterampilan pandu yang dapat digunakan untuk kemaslahatan umat,” papar Ismokoweni yang juga sebagai Ketua Bidang Diklat Qobilah Moh. Djazman, Jum’at, (26/7).

Materi yang diberikan dalam pelatihan ini berupa Al-Islam dan Kemuhammadiyahan (AIK) serta Kepanduan. Ismokoweni berharap, setelah peserta mengikuti pelatihan tersebut dapat mengimplementasikan secara nyata dengan menerapkan seluruh ilmu yg didapat dan selalu mengasah untuk jadi uswah bagi anak didiknya nanti.

Asisten Pelatih, Ivan Fadilla Wijaya, menyampaikan kegiatan itu diikuti oleh 230 Mahasiswa semester 4 dan 6 Prodi PGSD UMS. Saat pembukaan, sambutan diberikan oleh Pimpinan Prodi PGSD UMS, Wakil Rektor 4 UMS, dan secara resmi dibuka oleh Kwartir Wilayah Hizbul Wathan Jawa Tengah. (Yusuf/Humas)