Masta PMB 2024 di Depan Mata, Calon Mahasiswa Baru UMS Mulai Penuhi Kuota

ums.ac.id, SURAKARTA – Masa Ta’aruf Penerimaan Mahasiswa Baru (Masta PMB) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) sudah di depan mata. Pengumuman pelaksanaan Masta PMB yang sudah dijadwalkan pada Agustus mendatang tersebut, membuat Calon Mahasiswa Baru (Camaba) bergegas untuk melakukan registrasi.

PMB UMS yang masih dibuka hingga 26 Agustus mendatang, terus mengalami lonjakan pendaftar. Hal ini berpengaruh pada passing grade yang juga terus naik. Per tanggal 15 Juli 2024, beberapa kuota Program Studi (Prodi) yang menjadi favorit juga sudah hampir penuh.

Ratnanto Fitriadi, S.T., M.T., Kepala Bagian Admisi dan Akademik, Biro Administrasi Akademik (BAA) menyebutkan pihaknya optimis dan terus mendorong Camaba yang sudah lolos Computer Based Test (CBT), untuk segera melakukan registrasi.

“Karena persaingannya semakin kompetitif, kita mengajak supaya segera melakukan registrasi sebelum kesempatan untuk masuk Prodi favorit semakin kecil,” ajak Ratnanto, Senin (15/7).

Pada proses PMB, UMS masih membuka jalur E-Seleksi atau jalur rapor, yang mana Camaba hanya perlu melakukan pengumpulan berkas berupa nilai rapor semester 1-5, yang dilampiri data diri, serta scan sertifikat kejuaraan akademik/non-akademik dalam bentuk PDF yang diunggah pada laman https://pmb.ums.ac.id. Serta jalur Computer Based Test (CBT) yang dilakukan di UMS, dan pengumuman serta registrasi dapat diselesaikan dalam satu hari atau sistem One Day Service (ODS).

Darwanti selaku orang tua wali Camaba, merasa terbantu dengan adanya sistem ODS. Dia juga berharap UMS menjadi pilihan tepat untuk anaknya yang memiliki minat pada Prodi Hukum.

“Saya kan baru sekali ke sini, dan fasilitas sangat bagus. Daftar juga cepat karena ada sistem ODS,” ucap Darwanti. (Eva/Humas)