Melalui KKNMAs, Dosen Pendamping Lapangan Diharapkan Bisa Publikasi Artikel Ilmiah di Jurnal Bereputasi

ums.ac.id, SOLO – Selain mahasiswa peserta Kuliah Kerja Nyata Muhammadiyah-’Aisyiah (KKNMAs) 2024, Dosen Pendamping Lapangan (DPL) juga mendapatkan pembekalan khususnya terkait dengan penulisan naskah publikasi dari pengabdian masyarakat.

Dosen Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) Ir. Ahmad Zaki, ST, M.Sc, Ph.D menyampaikan melalui kegiatan KKNMAs ini, DPL dapat menghasilkan luaran berupa artikel ilmiah yang memungkinkan dipublikasikan di jurnal terindeks Scopus. Pemaparan materi ini disampaikan saat pembekalan di di Ruang Meeting Besar Gedung Edutorium UMS, Rabu (31/7).

“Pada pendahuluan ini menjawab pertanyaan reasoning (alasan) dan school of thought (pemikiran). Mengapa topik itu dipilih, mengapa itu penting, mengapa mengapa metode itu dipilih,” paparnya saat mengisi pembekalan.

Selain itu, lanjutnya, juga ada knowledge gap (kesenjangan penelitian) yang akan ditulis dalam penelitian tersebut. Dari hal tersebut kemudian menghasilkan sebuah landasan.

Selain itu, dalam pendahuluan juga diperlukan ada tinjauan penelitian terkait dari peneliti sebelumnya, rumusan masalah, tingkat kepentingan dan tujuan diadakan penelitian, pembeda penelitian dari penelitian sebelumnya, juga tawaran solusi atau output dari penelitian yang dilaksanakan.

“Beberapa metode riset atau studi pada pengabdian sosial dilakukan dengan in depth interview atau focus group discussion, analisis ekonomi UMKM, kuesioner untuk pretest atau posttest, model sosial, observasi, perluasan area, penggunaan bahasa penelitian,” ungkapnya.

Beberapa metode lain juga dilakukan dengan pengujian alat, prototype, pengembangan alat, eksperimen, analisis data.

Ahmad Zaki memberikan pemaparannya secara menyeluruh hingga tata cara penulisan referensi atau daftar pustaka.

Selain memaparkan materi, Dosen UMY itu juga menyarankan kepada DPL untuk mempublikasikan kegiatan KKNMAs ini pada jurnal ilmiah pengabdian yang telah terindeks SINTA (Science and Technology Index) seperti Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Publikasi Pendidikan: Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan, Warta LPM, BERDIKARI: Jurnal Inovasi dan Penerapan IPTEKS.

Sedangkan untuk publikasi pengabdian pada prosiding terindeks Scopus seperti International Conference of Technology on Community & Environmental Development (ICTCED), dan International Conference of Biotechnology on Community Development (ICBCD). (Maysali/Humas)