Pelatihan Jaya Melati I, Mahasiswa UMS Belajar Kepanduan HW

ums.ac.id, SOLO – Untuk mempersiapkan menjadi Pemimpin Qabilah yang berkualitas, Hizbul Wathan (HW) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) menyelenggarakan Pelatihan Jaya Melati I. Kegiatan pelatihan Al Islam dan Kemuhammadiyahan (AIK) serta Kepanduan ini diikuti oleh mahasiswa dari Prodi PGSD semester 4 dan 6.

Kegiatan ini dilaksanakan selama 25 – 27 Juli 2024 dengan berkemah di Lapangan Kampus II UMS. Terlihat beberapa tenda didirikan oleh para mahasiswa UMS ini.

Di hari terakhir pelaksanaan pelatihan, mahasiswa diberikan misi tertentu di beberapa pos yang dijaga oleh Ramanda (pembina HW). Terdapat misi penyelamatan, membaca ayat, dan sebagainya.

BACA JUGA HW PGSD UMS Gelar Pelatihan Jaya Melati 1, Bentuk Kader Sesuai Visi Misi Muhammadiyah

Salah satu mahasiswa peserta Pelatihan Jaya Melati I Rizqa Qodriannisa Hapsari, menyampaikan bahwa pada kegiatan Pelatihan Jaya Melati ini terfokuskan untuk materi-materi yang tidak didapatkan sewaktu duduk di bangku perkuliahan.

“Pelatihannya kemarin itu mulai dari dasar organisasi otonom, Kemuhammadiyahan, setelah itu apa itu Hizbul Wathan, jati diri. Setelah itu terdapat hal-hal krusial lagi seperti membina satuan,” ungkap Rizqa, Sabtu (27/7) seusai menyelesaikan misi penyelamatan.

Menurut mahasiswa semester 6 PGSD UMS itu, ketika ada kegiatan kepanduan seperti ini, hal yang paling mengesankan adalah saat kegiatan pentas seni. Pada pentas seni, beberapa nafar (kelompok) menampilkan kreasi seni mereka yang dipentaskan secara acak dengan diterangi api unggun.

“Kemarin itu kami niatnya mau menyanyikan lagu secara berkelompok seperti itu, lagu musik pop,” ujarnya.

Pentas seni tersebut telah dilaksanakan pada Jumat malam hari. (Maysali/Humas)