Pembekalan KKN Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta: Persiapan Menuju Pengabdian Masyarakat

Tulisan dari Tim KKN MAs 2024 tidak mewakili pandangan dari redaksi News UMS

ums.ac.id, SURAKARTA – Surakarta, 31 Juli 2024 – Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) menggelar acara Pembekalan Kuliah Kerja Nyata (KKN) bagi mahasiswa yang akan segera melaksanakan program pengabdian masyarakat. Acara yang berlangsung di Auditorium UMS ini dihadiri oleh ribuan mahasiswa dari berbagai Perguruan Tinggi Muhammadiyah , dengan tujuan untuk memberikan bekal pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan sebelum terjun ke lapangan.

Acara dimulai dengan sambutan dari beberapa petinggi Kampus Universitas Muhammadiyah Surakarta dan Perwakilan dari Pemerintah Setempat yang menekankan pentingnya KKN sebagai bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu pengabdian kepada masyarakat.

Materi pembekalan yang diberikan meliputi pemahaman tentang etika dalam berinteraksi dengan masyarakat, pengelolaan program, tips praktis dalam menghadapi tantangan di lapangan, dan tata cara pembuatan berita acara saat KKN nanti .

Salah satu mahasiswa peserta, Izudin Hamid, mengungkapkan bahwa pembekalan ini sangat bermanfaat bagi dirinya dan teman-teman. “Kami menjadi lebih siap dan percaya diri untuk menghadapi tantangan di lapangan. Banyak informasi dan tips yang kami peroleh dari pembekalan ini, yang pastinya akan sangat berguna saat KKN nanti,” ujarnya.

Dengan diadakannya pembekalan ini, diharapkan mahasiswa yang mengikuti KKN MAs dapat melaksanakan KKN dengan baik dan memberikan dampak positif bagi masyarakat. Program KKN sendiri akan berlangsung selama satu bulan, dengan berbagai program dan kegiatan yang dirancang untuk memberdayakan masyarakat di berbagai daerah terutama di bidang menggaungkan UMKM dan Pencegahan Stunting. Semoga program ini berjalan lancar dan memberikan manfaat yang maksimal, baik bagi mahasiswa maupun masyarakat yang terlibat di dalamnya. (Tim KKN MAs Kelompok 121 Desa Gondang)