Tim KKN Mas Desa Ngemplak Siap Membantu Masyarakat!

Tulisan dari Tim KKN MAs 2024 tidak mewakili pandangan dari redaksi News UMS

ums.ac.id, SURAKARTA – Tim KKNMas Kelompok 120, telah dibentuk dan terbit SK, tim yang terdiri dari 9 Mahasiswa ini siap di terjunkan ke lokasi KKN. Tim KKNMas Kelompok 120 mendapatkan lokasi KKN di Provinsi Jawa Tengah, Kabupaten Karanganyar, Kecamatan Karangpandan, Desa Ngemplak (31/07).

KKNMas adalah kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) kolaborasi dari seluruh perguruan tinggi Muhammadiyah dan Aisyiyah se-Indonesia. Mengutip dari news.ums.ac.id, yang menjadi panitia pusat atau tuan rumah dari KKNMas tahun 2024 adalah Universitas Muhammadiyah Surakarta, hal ini disampaikan oleh Prof., Ir., Sarjito M.T., Ph.D., saat sambutan kegiatan Seminar Nasional The 19th URECOL.

“KKNMas Tahun 2024 akan disebar ke wilayah Sukoharjo dan Karanganyar. Panitia lokal dari UM Surakarta telah melakukan koordinasi dengan pemerintah Kabupaten Sukoharjo dan Karanganyar, mereka sangat terbuka jika daerahnya digunakan sebagai lokasi KKN”, tutur Prof., Ir., Sarjito M.T., Ph.D.

Mahasiswa yang terdaftar KKNMas Tahun 2024 akan mengikuti dua pembekalan, yaitu pembekalan secara online dan offline. Tepat hari ini, mahasiswa KKNMas mengikuti pembekalan secara offline. Dengan semangat yang menyala, pembekalan offline KKNMas pada hari ini di hadiri oleh 6 anggota tim KKNMAs Desa Ngemplak, masing-masing anggota kelompok telah menyiapkan gagasannya yang nanti akan didiskusikan dan diputuskan secara musyawarah untuk dijadikan suatu program.

KKNMas Tahun 2024 mengusung tema ‘UMKM Unggul, Stunting Menurun’, dengan pembekalan dan latar pendidikan yang cukup, Tim KKNMas Desa Ngemplak, optimis dan siap untuk terjun di lokasi, dengan harapan besar dapat memberikan kontribusi positif bagi warga di lokasi KKN.

Struktur Tim KKNMas Desa Ngemplak juga telah dibentuk, dengan hasil yaitu: Ardika Fachri Azidan (ITB AD) sebagai Ketua, Viona Febri Ahmad (Universitas Muhammadiyah Buton) sebagai Sekretaris 1, Oryza Sativa Abdillah (Universitas Muhammadiyah Magelang) sebagai Sekretaris 2, Madena Arwani (Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta) sebagai Bendahara 1, Eka Wahyuni (ITS PKU Muhamadiyah Surakarta ) sebagai Bendahara 1, Adriyan Yudistira (Universitas Muhammadiyah Magelang) sebagai Humas 1, Muhammad Bagas Panuntun (Universitas Muhammadiyah Surakarta) sebagai Humas 2, Suci Andiniyah Puspa Rini (Universitas Ahmad Dahlan) Sebagai Media dan Publikasi 1 dan Alfina Amanda Sari (Universitas Muhammadiyah Tangerang) sebagai Media dan Publikasi 2.

Ardika Fachri Azidan dari Prodi sistem Informasi Institut Teknologi dan Bisnis Ahmad Dahlan Jakarta (Ketua Tim KKNMas Desa Ngemplak), menyampaikan sedikit gagasannya “Saya sebagai ketua tim sangat bangga bisa mengikuti KKNMas Tahun 2024, yang nantinya akan dilaksanakan bersama anggota tim, dan saya yakin dengan adanya program ini dapat berkontribusi langsung dalam pembangunan desa dan bisa menerapkan ilmu yang didapat di bangku kuliah secara langsung”. (Tim KKNMAs Desa Ngemplak/Alfina dan Andin)