Tim PKM PM UMS Membatik bersama Caregiver ODD di Kampung Batik Kauman

ums.ac.id, SOLO – Tim mahasiswa Program Kreativitas Mahasiswa Pengabdian Masyarakat (PKM PM) kolaborasi dari Fisioterapi, Psikologi, dan Arsitektur Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) melaksanakan rangkaian acara pengabdian masyarakat dengan menggandeng mitra caregiver orang dengan demensia Alzheimer (ODD).

Kali ini Dian Rahayu Wijayanti sebagai ketua, bersama anggota Fariskha Diva Cellya Oktaviana, Nadzifa Salsabila Haris Putri, Tara Husnul Khotimah, dan Febrian Muhamad Satriya Wibowo mengajak para caregiver yang merawat orang dengan demensia Alzheimer (ODD) untuk membatik di Kampung Batik Kauman.

Dian Rahayu menyampaikan bahwa kegiatan yang telah terlaksana pada Sabtu (29/6) itu dengan kegiatan membatik bersama yang memberikan pengalaman berharga dan kesempatan berekreasi bagi para caregiver. Kegiatan tersebut diikuti oleh 25 caregiver ODD Alzheimer.

“Dengan kegiatan ini, kami ingin memberikan waktu santai dan menyenangkan bagi para caregiver yang seringkali menghadapi tekanan dan kelelahan dalam tugas sehari-hari. Melihat senyum dan semangat mereka saat membatik, kami merasa sangat terharu dan bangga,” ujar Dian Rahayu Wijayanti, Ketua Tim PKM PM, Kamis (18/7).

Caregiver ini antusias dalam mengikuti setiap sesi membatik. Dengan bimbingan langsung dari pengrajin batik lokal, para peserta belajar berbagai teknik dasar membatik sambil menikmati suasana santai dan mendukung.

“Saya sangat senang bisa ikut acara ini. Selain belajar membatik, saya juga merasa lebih rileks dan termotivasi,” ujar salah satu peserta caregiver.

Selain memberikan relaksasi, acara ini juga bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya peran caregiver dalam merawat ODD Alzheimer. Dukungan dan apresiasi dari berbagai pihak yang hadir semakin mengukuhkan pentingnya kegiatan semacam ini.

Melalui acara tersebut, diharapkan kesadaran dan dukungan terhadap para caregiver ODD Alzheimer dapat terus meningkat. Keberhasilan acara ini menjadi langkah awal untuk kegiatan-kegiatan serupa di masa mendatang.

Selaku Ketua Tim PKM PM, Dian mengajak untuk terus mendukung dan apresiasi para caregiver ODD Alzheimer. Bersama-sama, kita bisa menciptakan momen yang penuh makna dan kebahagiaan. (Maysali/Humas)