Tingkatkan Sinergitas dan Kolaborasi Kehumasan, Biro Humas dan Pemeringkatan UMS Bertandang ke UDINUS Semarang

ums.ac.id, SEMARANG – Dalam rangka mempersiapkan Anugerah Humas Direktorat Jenderal (Ditjen) Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (DIKTIRISTEK) atau disingkat AHD 2024, Biro Humas dan Pemeringkatan (BHP) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) bertandang ke Universitas Dian Nuswantoro (UDINUS) Semarang.

Acara studi banding tersebut diawali dengan ramah tamah perkenalan antar humas UMS, UDINUS, dan turut hadir Tim Humas Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah VI Jawa Tengah.

Kepala Bagian Humas dan Media UMS, Dr. Budi Santoso, M.Si., mengungkapkan kegiatan ini adalah ikhtiar Humas UMS untuk belajar dan beradaptasi dalam rangka persiapan Anugerah Humas DIKTIRISTEK (AHD) 2024.

“Sehingga kedatangan kami selain ngangsu kawruh dan belajar, juga melakukan kolaborasi dengan UDINUS, sebagai upaya maju bersama,” tegas Budi Santoso Senin, (8/7).

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Humas dan Protokoler Udinus, Dwi Utaminingsih, S.Kom., M.M mengucapkan selamat datang kepada Tim UMS di kampus UDINUS.

“Ini menjadi suatu kehormatan bagi kami yang hari ini dikunjungi oleh UMS yang usianya 3x lipat lebih tua dari UDINUS. Kami baru berdiri pada tahun 2000 lalu. Sehingga, kunjungan Pak Budi ini seperti berkunjung ke anak-anaknya,” ungkapnya.

Kepala Humas dan Protokoler UDINUS mengungkapkan Insyaa Allah bulan depan akan berkunjung kembali ke UMS.

Ketua Tim Humas LLDIKTI Wilayah VI, Aditya Tegar Satria, S.Kom., M.Kom., menyambut baik kegiatan kumpul-kumpul acara semacam ini.

“Alhamdulillah kita dapat bersama-sama berkumpul di UDINUS dalam rangka mendampingi UMS melakukan studi banding ke UDINUS dan beberapa kampus lain. Tentu saja ini menjadi satu kebanggan kami untuk mempersiapkan AHD 2024 dengan lebih maksimal. Sekali lagi, terima kasih atas support dan kolaborasinya,” tegas Aditya Tegar.

Secara singkat, lanjutnya, pada tahun 2021 LLDIKTI Wilayah VI mendapatkan 4-5 penghargaan, kemudian pada tahun 2022 itu memang vacuum atau tidak ada AHD. Kemudian pada tahun 2023 kemarin diadakan ajang kembali apresiasi tersebut.

“Saya bergabung pada tahun 2023 awal itu melihat dari pemetaan Humas yang ada di Perguruan Tinggi Swasta ini masih kurang rasa sinergitas dan kolaborasi kehumasannya. Kami perlu merekatkan dan saling merangkul satu sama lain terlebih dahulu, sehingga dapat terhubung satu sama lain,” terang Ketua Tim Humas LLDIKTI Wilayah VI itu.

Menurutnya, target pada tahun 2023 memang baru berfokus pada merekatkan humas di Perguruan Tinggi Swasta (PTS). Humas itu harus berkolaborasi, bukan saling senggol tetapi saling maju bersama-sama.

“Kami melihat UMS dan UDINUS ini mampu berkembang melihat dukungan dari berbagai pihak, dan mampu menunjukan semangat dan bersinergi. Seneng teman-teman Humas yang bisa dirangkul, ini berkembang, Humas gayeng bareng. Kami belajar terkait pengelolaan Humas dan terfasilitasi dengan baik,” pungkasnya.

Kemudian, acara tersebut dilanjutkan diskusi dan sharing bersama terkait evaluasi dan strategi yang akan dilakukan untuk Anugerah Humas DIKTIRISTEK 2024. (Fika/Humas)