UMS Jadi Tuan Rumah PKP2 PKM PTMA se-Indonesia 2024

ums.ac.id, SURAKARTA – Universitas Muhammadiyah Surakarta menjadi tuan rumah Penilaian Kemajuan Pelaksanaan Program (PKP2) dalam Program Kreativitas Mahasiswa Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah di seluruh Indonesia yang selanjutnya disebut PKP2 PKM PTMA. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Mahasiswa PTMA (Puspresma PTMA) beker jasama dengan UMS sebagai host.

Ketua Puspresma PTMA, Fatimah Sari Siregar, S.Pd., M.Hum., mengapresiasi dan berterima kasih atas kesediaan UMS menjadi tuan rumah PKP2 PKM PTMA Tahun 2024 ini.

“Kegiatan yang dilaksanakan 13-14 Juli 2024 secara luring ini diinisiasi untuk simulasi, sekaligus ajang latihan adik-adik penerima pendanaan PKM, sebelum nanti mengikuti PKP2 dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi (Dirjen Dikti). Alhamdulillah pada tahun ini PTMA yang mendapat pendanaan PKM sejumlah 62 kampus, dengan total penerima 422 tim,” ungkapnya.

Kemudian, lanjutnya, pada PKP2 PKM Puspresma 2024 diikuti 255 tim yang terbagi dalam 17 kelas, dengan 24 penilai.

“75% penilai ini kita ambil dari juri PKP2 dari Belmawa artinya reviewer dari Dirjen Dikti,” tambahnya.

Tuan Rumah PKP2 2024, Prof. Ihwan Susila, SE., M.Si., Ph.D., yang juga Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan UMS mengungkapkan PKP2 ini merupakan ajang untuk mempersiapkan tim mahasiswa untuk melaju ke ajang Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) 2024 oleh Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI), Pusat Prestasi Nasional, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi dalam bidang penalaran untuk memperlombakan karya ilmiah mahasiswa tingkat nasional.

“Alhamdulillah tim dari PTMA cukup banyak yang lolos pendanaan, berarti semua memiliki potensi untuk dapat berkiprah pada PIMNAS nanti. Sehingga dengan kekuatan tersebut, perlu dilatih pada lomba PKP2 PKM PTMA ini,” tegasnya.

Ihwan Susila mewakili pimpinan UMS sebagai tuan rumah mengucapkan terima kasih dan mohon maaf apabila dalam pelaksanaan ini ada yang kurang berkenan. Semoga dengan adanya kegiatan ini membuat tim mahasiswa PTMA semakin percaya diri untuk bisa maju ke PIMNAS nantinya.

Kabag Penalaran, Kreativitas, dan Softskill Biro Kemahasiswaan UMS Ir. Muhammad Alfatih, ST., MT., mengungkapkan bahwa lomba ini diselenggarakan oleh Puspresma PTMA. Kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka menyiapkan tim PKM dari PTMA untuk siap menghadapi PIMNAS.

“Lomba ini diikuti oleh 225 tim dari PTMA seluruh Indonesia dan pada perlombaan ini dirancang mirip dengan PIMNAS sehingga kita membuat sedemikian rupa atau istilahnya mendekati dalam rangka simulasi dan meningkatkan persiapan tim mahasiswa dari PTMA,” ungkapnya Minggu, (14/7).

Harapan terbesar adanya kegiatan ini adalah memberikan pengalaman kepada setiap tim PKM untuk mengevaluasi diri tentang persiapan masing-masing tim.

“Jadi mereka akan ditanya oleh dewan juri, di mana juri dari PTMA yang terlibat dalam PIMNAS sehingga betul-betul simulasi,” tegasnya.

Kalau dari UMS sendiri, lanjutnya, mengirimkan 18 tim yang mengikuti PKP2 PKM PTMA tahun 2024.

“Sehingga saya berharap untuk PTMA maupun UMS sendiri lolos PIMNAS. Saya berharap memang dari lomba ini ada yang bisa menorehkan prestasi di antara PTMA pada ajang bergengsi tingkat nasional itu,” pungkasnya. (Fika/Humas)