Yudisium ke-7 Pesma KH Mas Mansur UMS: Bukti Komitmen Melahirkan Mahasantri Berprestasi dan Berakhlak Mulia

ums.ac.id, PABELAN – Pesantren Mahasiswa (Pesma) KH Mas Mansur Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) menggelar acara pembagian yudisium yang dihadiri oleh seluruh mahasantri, termasuk mahasantri senior. Acara ini dipimpin oleh Ahmad Arfian Hafis S.Ag., yang bertujuan untuk memberikan arahan terkait pembinaan karakter serta tata tertib baru bagi seluruh mahasantri, dengan penekanan khusus pada mahasantri senior.

Dalam sambutannya, Arfian menekankan pentingnya disiplin dan tanggung jawab, terutama bagi mahasantri yang telah direkomendasikan untuk melanjutkan program Pesma setelah akhirussanah.

“Kami berharap para mahasantri dapat lebih konsisten dalam mengikuti kegiatan Pesma seperti kelas pagi dan malam, sholat berjamaah, serta pengembangan softskill. Selain itu dalam perpindahan kamar, mengingatkan semua pihak untuk menjaga kebersihan, kenyamanan, dan kerapihan kamar serta saling mengingatkan dalam kebaikan untuk ketentraman anggota kamar,” paparnya Minggu, (21/7).

Acara dilanjutkan dengan bimbingan khusus dari departemen pengasuhan yang dilakukan secara terpisah untuk akhwat dan ikhwan. Setiap departemen memberikan arahan dan dukungan sesuai dengan kebutuhan masing-masing kelompok.

“Diadakannya pertemuan ini diharapkan menjadi momen refleksi dan motivasi bagi seluruh mahasantri untuk terus meningkatkan kualitas diri dan menjalankan tata tertib Pesma dengan lebih baik. Semoga acara ini dapat memberikan manfaat dan memotivasi seluruh peserta untuk meraih kesuksesan dalam setiap aspek kehidupan mereka di Pesma,” tegasnya.

Dengan terlaksananya acara pembagian yudisium dan pembinaan karakter pada Jumat, (19/7) lalu, lanjutnya, diharapkan seluruh mahasantri dapat menjalani aktivitas di Pesma dengan semangat baru, komitmen yang tinggi, dan sikap disiplin yang lebih baik. Semoga setiap arahan dan bimbingan yang diberikan dapat diimplementasikan dengan baik demi mencapai tujuan bersama. (Fika/Anisa/Humas)