You are currently viewing Expo UKM Penghujung Acara Penyambutan Mahasiswa Baru UMS

Expo UKM Penghujung Acara Penyambutan Mahasiswa Baru UMS

  • Post author:
  • Post category:Berita

Sejak pagi hari kawasan Edupark UMS telah penuh sesak dipadati mahasiswa baru UMS tahun ajaran 2017/2018. Bukan hanya mahasiswa baru, sejumlah pengurus Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) juga telah bersiap di stan-stan yang telah disediakan untuk mensnukseskan acara Expo UKM. Diselenggarakanya Expo UKM mengisyaratkan rangkaian acara penyambutan mahasiswa baru Universitas Muhammadiyah Surakarta sudah sampai pada penghujung acara. Diikuti sebanyak 28 UKM kegiatan ini berlangsung di lapangan Edupark UMS. “Ada 28 UKM yang ikut dalam expo ini” ujar Kholid selaku ketua PK-PMB/MASTA UMS 2017.

Ada hal yang berbeda pada penyelenggaraan Expo UKM tahun ini dibandingkan penyelenggaraan tahun lalu, yakni acara diselenggarakan selama dua hari selasa-rabu, 22-23 Agustus 2017. Hal ini dikarenakan banyaknya peserta yang mengikuti kegitan tersebut. Tidak kurang dari 7 ribu mahasiswa baru akan hadir, pasalnya pada tahun ini UMS telah menerima 7.500-an mahasiswa baru. Hari pertama diberikan kesempatan kepada mahasiswa baru dari Fakultas Ekonomii dan Bisnis, Fakultas Teknik, Fakultas Ilmu Kesehatan, Fakultas Kedokteran Umum, Fakultas Kedokteran Gigi, dan Fakultas Psikologi sedangkan di hari kedua dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Komunikasi dan Informatika, Fakulta Geografi, Fakultas Hukum, Fakultas Agama Islam, dan Fakultas Farmasi. “Karena jumlahnya (peserta) cukup banyak dan pertimbangan tempat kegiatan maka digelar dua hari, hari pertama ada sebanyak 3.400 mahasiswa baru yang hadir dan sisanya akan hadir di hari kedua” terangnya, disela-sela acara.

Kholid mengemukakan, Expo UKM merupakan acara puncak sekaligus penutup rangkaian acara PK-PMB/MASTA mahasiswa baru tahun ajaran 2017/2018. Acara yang diwajibkan bagi mahasiswa baru program sarjana ini akan menampilkan display berupa produk dan prestasi yang dimiliki masing-masing UKM. Unjuk kebolehan dari setiap UKM seperti Tapak Suci Puta Muhammadiyah, Hisbul Wathon, Koperasi Mahasiswa, UMS English club, LPM Pabelan, Kempo, Taekwondo, Pencinta Alam, Marching Band, Resimen Mahasiswa dan sebagainya akan disaksikan secara langsung sehingga dikemas secara apik untuk menarik minat para mahasiswa baru.

Pada acara pembukaan Expo UMS 2017 turut hadir Bupati Karanganyar, Juliyatmono. Pada kesempatan tersebut beliau memberikan orasi kepada mahasiswa baru perihal pentingnya ilmu pengetahuan yang menjaipenentu untuk merubah masa depan. “Ingat, agama jug amemerintahkan jangan pernah berhenti untuk mencari ilmu” tandas alumnus Fakultas Agama Islam (FAI) UMS itu. (Ahmad)