You are currently viewing Memupuk Asa Anak-anak Lombok Melalui Sekolah Darurat Muhammadiyah

Memupuk Asa Anak-anak Lombok Melalui Sekolah Darurat Muhammadiyah

  • Post author:
  • Post category:Berita

Ditengah keadaan haru yang hadir diantara masyarat dusun persiapan bulan semu, desa persiapan segara katon, Kec. Gangga Kab. Lombok Utara, warga tetap menaruhkan masa depannya dengan penuh tekad kuat. Setelah dua hari warga bersama relawan dari SAR Mapala Muhammadiyah Indonesia (SARMMI) dan Hizbul Wathan UMS (HW UMS), berbaur menjadi satu, mereka dicairkan bersama dengan suguhan kopi khas lombok setiap waktu.

Setelah relawan mendirikan posko korban bencana gempa bumi yang melayani pelayanan medis selama 24 jam, dilanjut proses pembersihan puing-puing rumah korban, kali ini geabungan Relawan yang lebih memilih mendirikan posko didaerah terpencil tersebut mukai menggerakan kembali kehiduoan masyarakat disektor pendidikan.

Dengan didirikannya Sekolah darurat bagi anak-anak setempat, terlihat senyuman manis dari anak-anak setempat yang sudah merindukan bangku sekolah, setelah mereka libur sekolah karena bangunan sekolah roboh dan masyarakat mengalami trauma yang dahsyat. “Sekolah Darurat Muhammadiyah Mentaria Cendekia” itulah nama sekolah yang relawan utusan UMS tersebut rintis untuk tetap menumbuhkan semangat belajar anak-anak.

Hari itu, Jum’at (10/08) bersamaan dengan hari mulia bagi ummat muslim, menjadi hari pertama Sekolah Darurat Mentari Cendekia beroperasi. Diawali pagi hari pukul 08.00 – 10.00 WITA diisi dengan kegiatan bersih lingkungan dan pembelajaran pengetahuan umum. Kegiatan sore hari mulai pukul 16.00 – 17.00 WITA anak-anak diarahkan untuk belajar mengaji.

Sederhana, namun penuh makna. Belajar tanpa alat tulis, karena saat gempa teejadi, anak-anak tidak sempat menyelamatkan alat tulisnya. Sekarang ini, melalui Sekolah Darurat Muhammadiyah Cendekia mencari keceriaan bersama teman sebayanya, menjadi penghibur diri sebagai pengganti alat mainan anak. Sudah ada 25 siswa/i yang dikelola relawan dari Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Terimakasih atas doa dan dukungan seluruh unsur yang terlibat, kami tunggu partisipasi terbaik dari anda untuk sudara kita. Muhammadiyah bersinergi bersama warga untuk memupuk asa anak bangsa. (Muhammad Risqi Mei Sonjaya : Kepala Sekolah Darurat Muhammadiyah Mentari Cendekia)