You are currently viewing Wujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi, UMS Gandeng SLB YRTRW dalam Program Kemitraan Masyarakat

Wujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi, UMS Gandeng SLB YRTRW dalam Program Kemitraan Masyarakat

  • Post author:
  • Post category:Berita

Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) melalui Lembaga Pengabdian Masyarakat dan Pengembangan Persyarikatan (LPMPP) mengandeng Sekolah Luar Biasa Yayasan Rehabilitas Tuna Rungu dan Wicara (SLB YRTRW) Solo dalam program kemitraan masyarakat, sebagai bentuk penerapan Tri Dharma perguruan tinggi yaitu pengabdian kepada masyarakat.

Program Kemitraan yang diselenggarakan menggunakan platform zoom ini mengundang tiga pembicara yaitu Sutadi, S.Pd selaku Kepala SLB YRTRW, Budi Santoso, S.Sos., M.Si selaku dosen Ilmu Komunikasi UMS dan Dedi Gunawan, S.T., M.Sc., Ph.d selaku dosen Informatika UMS.

Dalam agenda yang diikuti oleh seluruh guru dan karyawan SLB YRTRW ini mengambil tiga topik pembahasan meliputi Literasi Media, Pelatihan Pembuatan Website, dan Pembuatan Game Edukasi.

Sutadi dalam pemaparannya menyampaikan adanya kegiatan ini dapat membangkitkan kembali media pembelajaran yang ada di sekolah setelah sempat mengalami vakum.

Sementara itu dalam materi literasi media, Budi Santoso memaparkan pentingnya media bagi sekolah terutama berkaitan dengan eksistensi sekolah di masyarakat luar. “Media sangat penting dan bisa menjadi nilai tambah bagi sekolah, diantaranya melakukan branding ke masyarakat luas, salah satunya dengan membuat berita,” ujarnya.

Senada dengan itu Dedi Gunawan menyampaikan pemanfaatan media itu nanti dapat menjadi tempat untuk menunjukkan potensi siswa ke khalayak umum. “Nantinya seluruh informasi yang ada di SLB YRTRW bisa diekspos ke khalayak umum, khususnya untuk menunjukkan potensi yang dimiliki setiap siswa,” ujar Dedi. (Atta/Humas)