Kepada Mahasiswa Muhammadiyah, Abdul Mu’ti: Tidak Ada Alasan Kalian Kecil Hati

MUHAMMADIYAH.OR.ID, SURAKARTA – Musim penerimaan mahasiswa baru kebanyakan sudah tutup, kini mahasiswa baru memasuki masa orientasi kampus, termasuk mahasiswa-mahasiswa di Perguruan Tinggi Muhammadiyah-’Aisyiyah (PTMA).

Sekretaris Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Abdul Mu’ti dalam agenda Grand Opening Masta PMB Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) pada (1/8) memacu semangat mahasiswa baru Muhammadiyah supaya tidak berkecil hati karena kuliah di PTMA.

“Tidak ada alasan kalian untuk merasa kecil hati, karena sesungguhnya kampus ini kalau anda lihat sudah benar-benar menjadi world class university. ” Katanya.

Lebih-lebih mahasiswa UMS, kata Mu’ti, tidak ada alasan untuk merasa kecil hati, karena sesungguhnya kampus ini sudah bisa disebut sebagai world class university. Penyebutan ini bukan tanpa pertimbangan, sebab dari sisi pemeringkatan UMS menjadi kampus swasta terbaik baik di level nasional maupun internasional.

“Fasilitas sudah tidak diragukan lagi, kemampuan dosen tidak bisa kita pungkiri mereka adalah dosen-dosen yang hebat. Tetapi sesungguhnya semuanya bergantung pada anda, apakah anda akan menggunakan semua keunggulan yang ada di UMS ini atau anda hanya melewatkannya saja.” Ungkapnya.

Oleh karena itu, mahasiswa Muhammadiyah di manapun harus memiliki growth mindset, bukan sebaliknya fixed mindset. Guru Besar Bidang Pendidikan ini menjelaskan, sikap growth mindset adalah sebuah pemikiran yang menjadikan diri untuk senantiasa maju.

“Karena yang bisa merubah anda untuk menjadi lebih baik lagi adalah niat anda untuk bisa menjadi orang-orang hebat itu.” Imbuhnya.

Sebaliknya, fixed mindset adalah pola pikir tetap, meyakini jika bakat adalah hal mutlak sehingga kemampuan pada diri seseorang tidak mampu dikembangkan atau diubah lagi. Maka mahasiswa Muhammadiyah tidak boleh memiliki sikap atau pemikiran fixed mindset.

“Bahwa this university is my choice. Kampus ini adalah pilihan saya, dan anda harus mengatakan pada diri anda sekarang ini pada diri anda ada masa depan saya yang bermula dari sini. My future begin from here. Itulah yang harus anda tanamkan ketika pertama kali menginjak kampus universitas Muhammadiyah Surakarta. Tidak ada alasan anda untuk kemudian berpaling dan menyesali pilihan anda,” imbuhnya.

Dalam pandangan Mu’ti, kuliah di PTMA memiliki beberapa keunggulan salah satunya adalah peneguhan profesionalitas, serta bimbingan menjadi pribadi yang berakhlak baik, untuk mewujudkan generasi unggul berkemajuan. Kuliah di Muhammadiyah memiliki aspek ilmu, iman dan amal yang seimbang.

Sumber : https://muhammadiyah.or.id/kepada-mahasiswa-muhammadiyah-abdul-muti-tidak-ada-alasan-kalian-kecil-hati/