You are currently viewing Tim Dosen Geografi UMS Tingkatkan Kesiapsiagaan dan Upaya Mitigasi Banjir di Semarang

Tim Dosen Geografi UMS Tingkatkan Kesiapsiagaan dan Upaya Mitigasi Banjir di Semarang

ums.ac.id, PABELAN – Dalam upaya menangani bencana banjir di sekitar Kabupaten Semarang, Tim Dosen Fakultas Geografi Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) melaksanakan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) dalam bentuk peningkatan kesiapsiagaan dan upaya mitigasi banjir di SMA Kartika III-I Banyubiru, Semarang.

Kegiatan ini dikoordinasikan oleh Dewi Novita Sari, M.Sc., salah satu dosen UMS sekaligus Ketua Tim Pengabdian. Materi yang diajarkan kaitannya dengan tahapan mitigasi banjir terutama di sekitar Rawa Pening dan Kabupaten Semarang pada umumnya.

Tidak hanya itu, beberapa materi dalam Bidang Geografi juga diberikan pada para peserta, seperti materi Hidrologi dari Ibu Alif Noor Anna, M.Si., materi sumberdaya lahan oleh Ir., Taryono, M.Si., dan pengaplikasian teknologi drone untuk pemetaan dan fotografi yang diberikan oleh Rudiyanto selaku Laboran dibantu beberapa mahasiswa dari Fakultas Geografi UMS yang ikut andil bagian pada pengabdian ini.

“Kegiatan ini perlu dilakukan untuk mengedukasi dan meningkatkan pengetahuan siswa dalam menghadapi serta mengurangi dampak atau risiko banjir yang sering terjadi, utamanya di Kabupaten Semarang. Selain itu, bagi dosen dapat menerapkan hasil penelitian terutama bidang kajian Hidrologi dan kebencanaan menjadi sebuah pengabdian masyarakat yang bermanfaat,” papar Ketua Tim, Jumat (4/8).

Menurutnya, banjir di sekitar Kabupaten Semarang sering terjadi dan berulang tiap tahunnya, terutama di musim penghujan. Perlu dilakukan usaha mitigasi bencana banjir kepada generasi mendatang terutama di tingkat SMA sederajat.

Kegiatan yang telah dilaksanakan pada Senin, (31/7) lalu disambut dengan sangat baik oleh SMA Kartika III-I Banyubiru Semarang. Kepala Sekolah SMA Kartika III-I Banyubiru Semarang, Dra., Winarni mendukung dengan baik kegiatan pengabdian masyarakat ini.

”Dengan adanya kegiatan ini bermanfaat dan mampu mengenalkan kajian ilmu Geografi kepada siswa di SMA Kartika,’’ ungkap Winarni.

Ke depan, lanjut dia, diharapkan adanya kerjasama lain dengan perguruan tinggi seperti program magang atau pengabdian masyarakat sebagai upaya menjawab berbagai solusi yang ada di tengah masyarakat. (Fika/Humas)