Alhamdulillah! Program Studi Magister Informatika FKI UMS Raih Akreditasi “Baik Sekali” dari LAMINFOKOM

ums.ac.id, SURAKARTA – Program Studi Magister Informatika Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) berhasil meraih predikat akreditasi “Baik Sekali” dari Lembaga Akreditasi Mandiri Informatika dan Komputer (LAMINFOKOM). Pencapaian ini merupakan akreditasi pertama sesuai dengan Surat Keputusan (SK) nomor: 019/SK/LAM-INFOKOM/Ak.P/M/VIII/2024, yang diraih sejak program studi tersebut didirikan dua tahun lalu.

Kepala Program Studi Magister Informatika UMS, Dr. Endah Sudarmilah, S.T., M.Eng, mengungkapkan rasa syukur dan optimisme atas capaian tersebut. Menurutnya, predikat “Baik Sekali” ini akan membawa manfaat besar bagi masyarakat luas sesuai dengan tagline Program Studi Magister Informatika (MIF).

“Predikat akreditasi pertama Magister Informatika dengan ‘Baik Sekali’ akan membawa kemaslahatan untuk umat sesuai dengan tagline MIF. Kami beritikad menyiapkan master di bidang informatika dalam menghadapi era Society 5.0 dengan berfokus pada pengembangan sistem berbasis komputasi cerdas serta pengembangan sumber daya manusia berdasarkan nilai-nilai keislaman ke depannya,” ujar Endah Sudarmilah, Sabtu, (24/8).

Dekan Fakultas Komunikasi dan Informatika UMS, Nurgiyatna, S.T., M.Sc., Ph.D, juga menyampaikan apresiasinya terhadap pencapaian ini. Ia menegaskan bahwa hasil akreditasi tersebut sesuai dengan target yang telah ditetapkan oleh fakultas.

“Alhamdulillah, kita bersyukur capaian kita sesuai dengan target. Ini merupakan akreditasi pertama dari Magister Informatika FKI UMS,” tuturnya.

Nurgiyatna menambahkan bahwa skor akreditasi yang diperoleh mencapai 340 poin, menunjukkan kualitas program studi yang sudah berada di level tinggi. Ia berharap bahwa dengan peningkatan kinerja dan kualitas, pada akreditasi berikutnya, Program Studi Magister Informatika UMS dapat meraih predikat “Unggul”.

“Harapannya nanti, kalau dilihat skor akreditasi sudah tinggi, yaitu 340 poin. Artinya, tinggal mengejar sekitar 20 poin lagi untuk Unggul. Sehingga harapannya, akreditasi berikutnya bisa Unggul. Tentu saja ini memacu semangat bagi kami agar kinerjanya lebih bagus lagi,” jelas Nurgiyatna.

Selain itu, Nurgiyatna mengundang masyarakat luas yang berkeinginan melanjutkan studi S2 di bidang informatika untuk bergabung dengan Program Studi Magister Informatika UMS. Ia menekankan bahwa program studi tersebut baru membuka penerimaan mahasiswa baru sebanyak dua kali dalam setahun dan telah mendapatkan minat yang cukup besar selama dua tahun berdiri.

“Bagi masyarakat umum yang berkeinginan melanjutkan studi S2, kami welcome. Setiap tahun ada dua kali penerimaan mahasiswa baru Magister Informatika UMS. Alhamdulillah, dua tahun berdiri, peminatnya cukup banyak,” tambahnya.

Pencapaian akreditasi “Baik Sekali” ini diharapkan dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap kualitas pendidikan yang ditawarkan oleh Program Studi Magister Informatika UMS dan menjadi motivasi bagi seluruh sivitas akademika untuk terus meningkatkan mutu pendidikan dan penelitian di bidang informatika.

Dengan komitmen kuat dalam mengintegrasikan teknologi cerdas dan nilai-nilai keislaman, Program Studi Magister Informatika UMS siap mencetak lulusan yang kompeten dan berdaya saing tinggi dalam menghadapi tantangan era Society 5.0. (Risqi/Fika/Humas)