Bangun Gedung 8 Lantai, FEB UMS Siapkan Skenario Aktivitas Perkuliahan

ums.ac.id, SURAKARTA – Dalam meningkatkan sarana dan prasarana, Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) memulai pembangunan gedung.

Dekan FEB UMS, Prof. Dr. Anton Agus Setyawan, SE., M.Si., mengungkapkan pembangunan gedung ini sudah dimulai dan ada beberapa skenario pembelajaran yang akan dilakukan.

“Dalam pembangunan ini sudah mulai ada pembongkaran di area parkir. Sebetulnya, acuan pembangunan ini sudah ada dari 2019, 2021 karena melihat jumlah mahasiswa semakin meningkat,” ungkap Dekan FEB UMS itu Senin, (5/8).

Dulu, FEB UMS baru memiliki 3 program studi, yaitu S1 Manajemen, S1 Akuntansi dan S1 Ilmu Ekonomi. Namun sekarang memiliki 7 program studi, yaitu S1 Manajemen, S1 Akuntansi,S1 Ekonomi Pembangunan, S1 Bisnis Digital, S2 Magister Manajemen, S2 Magister Akuntansi, dan S3 Manajemen.

“Jadi memang gedung ini sudah tidak cukup menampung jumlah kebutuhan mahasiswa. Bukan hanya ruang kelas, tapi sarana penunjang belajar yang lain seperti lab komputer, studio podcast, laboratorium media untuk belajar perkembangan terbaru di ilmu bisnis. Macam-macam itu, kemudian mengajukan gedung baru,” paparnya.

Dekan FEB UMS itu menjelaskan, saat kampus mulai aktivitas belajar mengajar, dari pihak Dekanat sudah menyiapkan beberapa skenario pembelajaran.

“Kemarin sama Wakil Dekan 1 sudah ada pembagian kelas. Jadi untuk mata kuliah Al Islam Kemuhammadiyahan itu bisa dilaksanakan di Kampus 1, terus ketika kuliah bahasa Inggris dan bahasa Indonesia nanti akan koordinasi sama Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP),” terangnya.

Nanti, ketika sudah mulai pemasangan pondasi dan sebagainya juga bisa dilakukan pembelajaran dengan metode blended. Sehingga ada yang kuliah secara online dan offline.

“Memang di awal semester gasal nanti akan kita diskusikan bagaimana perkuliahannya dan seperti apa skenarionya nanti. Kita juga butuh waktu terutama untuk ruang-ruang yang kaitannya dengan ruang pengelola atau ruang tata usaha macam-macam itu untuk pindah,” ujar Anton.

Dia melanjutkan, akan ada transisi sebelum semuanya komplit pindah di sini dan gedung FEB ini betul-betul dirobohkan.

“Kami menghimbau kepada mahasiswa FEB untuk mengikuti penyesuaian untuk mata kuliah selama masa pembangunan,” tegasnya.

Pembangunan gedung FEB UMS ini akan dibangun 8 lantai, dengan 2 lantai sebagai basement untuk parkir mobil dan motor. Kemudian lantai 3 ke atas digunakan untuk ruang administrasi kuliah dan sarana prasarana yang lain.

Menurut, Komandan Satuan Pengamanan (Satpam) UMS, Dwi Ari Suryowibowo mengungkapkan, lahan parkir untuk roda dua yang sebelumnya di FEB, saat ini dipindahkan sementara di depan gedung Perpustakaan mulai Senin, (29/7) lalu.

“Sudah kita kasih besi pembatas untuk parkirannya, depan perpus sampai depan pintu keluar Kampus II. Sudah ada informasi MMT di beberapa lokasi yang menginformasikan terkait pemindahan parkir dalam rangka pembongkaran sementara waktu,” pungkasnya.

Selain itu terdapat alternatif ke dua, untuk parkir nanti juga bisa merapat di depan GOR. (Fika/Humas)