BIP UMS Gelar Sosialisasi Sistem Informasi RPL, Harapkan Persamaan Persepsi Antar Pihak

ums.ac.id, SURAKARTA – Biro Inovasi Pembelajaran (BIP) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) menggelar Sosialisasi dan Implementasi Sistem Informasi RPL yang berlangsung di Hotel Solia Zigna, Laweyan, Surakarta, pada Selasa, (27/8).

Kegiatan tersebut merupakan aktifitas ke dua yang diikuti oleh calon mahasiswa RPL, pengelola program studi, serta pimpinan fakultas. Sosialisasi tersebut merupakan bagian dari hibah pemberian dana dari Direktorat Riset, Teknologi, dan Pengabdian kepada Masyarakat (DRTPM).

Mahasiswa RPL adalah mahasiswa yang sudah mempunyai pengalaman kerja kemudian dari pengalaman tersebut akan disesuaikan dengan Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) yang akan direkognisi atau diakui, sehingga mereka ketika melakukan perkuliahan tidak harus menempuh SKS secara utuh, namun hanya menempuh dengan maksinmal 70% dari total SKS yang ditempuh berdasarkan portofolio yang dimiliki.

“Kami melakukan sosialisasi ini karena sebelum tahun 2024 penyelenggaraan RPL masih secara manual dalam pendaftaran hingga asesmen. Maka dari itu kami berkolaborasi dengan Biro Administrasi Akademik (BAA) dan Biro Teknologi Informasi (BTI) UMS untuk mengembangkan sistem agar RPL ini bisa terselenggara secara sistem yang sudah terintegrasi dengan ODS (One Day Service) UMS,” papar Kadiv Pengembangan Kurikulum & Inovasi Pembelajaran BIP UMS, Dr. Laili Etika Rahmawati, M.Pd.

Dalam sambutannya sekaligus membuka acara, Kepala BIP, Koesoemo Ratih, S.Pd., M.Hum., Ph.D., menyampaikan bahwa selama ini banyak guru-guru yang belum berkualifikasi S-1 padahal sudah bekerja selama lebih dari 15 tahun.

“Prodi di UMS yang selama ini berjalan, sudah dilaksanakan, dan sudah dilaporkan RPL yaitu Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG PAUD), Pendidikan Jasmani (Penjas), serta Ilmu Al-Quran dan Tafsir (IQT),” lanjut Ratih.

Acara tersebut diharapkan adanya persamaan persepsi yang berkaitan dengan program RPL sehingga program studi itu bisa memahami konsep RPL secara benar.

Kedepan, akan diselenggarakan Focus Group Discussion (FGD) bertajuk “Pedoman Akademik dan Petunjuk Teknis untuk Penyelenggaraan RPL” yang diselenggarakan di Hotel Haris, Surakarta, dengan mengundang narasumber dari Institut Teknologi Surabaya (ITS). (Yusuf/Humas)