Gelaran Expo UMS 2024, Kenalkan UKM Kampus Pada Ribuan Mahasiswa Baru Dengan Meriah!

ums.ac.id, SOLO – Menyambut ribuan Mahasiswa baru, Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) kenalkan organisasi kemahasiswaan UMS yang dirangkai dalam Expo UKM 2024 Senin, (26/8) di Gedung Edutorium KH Ahmad Dahlan UMS.

Dalam kesempatan tersebut, Rektor UMS, Prof. Dr. Sofyan Anif, M.Si., beserta jajarannya mengenakan pakaian adat yang menambah nuansa kebudayaan yang menjadi identitas bangsa Indonesia. Rektor UMS juga mengenalkan satu persatu dekan dari masing-masing fakultas.

Sofyan Anif pada acara Expo UKM mendorong mahasiswa untuk bisa berprestasi baik di bidang akademik maupun non akademik.

“Banyak Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang dapat diambil dalam rangka menjadi wadah mahasiswa dalam mengembangkan minat dan bakat. Selain itu dalam hal akademik, mahasiswa dapat memanfaatkan kesempatan untuk bisa memiliki pengalaman ke luar negeri, seperti Korea, Singapura, Malaysia dan banyak negara yang bisa dipilih, karena UMS telah memiliki banyak kerja sama,” ungkapnya.

UMS telah mendapatkan kepercayaan di tingkat global, lanjutnya, yang dibuktikan belum lama ini, UMS mendapatkan penghargaan dari CNN Award kategori Outstanding Initiative in Education.

“Kita menerima penghargaan tersebut karena pendaftar mahasiswa asing dari luar negeri mencapai 8.000 lebih,” tambahnya yang disambut dengan ribuan tepuk tangan.

Menurutnya, kegiatan yang ada di universitas dapat memberikan peluang yang besar untuk mahasiswa bisa mengembangkan minat dan bakat sesuai dengan potensi yang dimiliki.

“Sehingga diharapkan, UMS akan mencetak kader persyarikatan, umat dan bangsa,” tegas Rektor UMS itu.

Dalam acara tersebut, terdapat Student Achievement Award (SAA) yang disampaikan langsung oleh Kabiro Kemahasiswaan UMS, Ir. Ahmad Kholid Alghofari, ST., MT. Terdapat berbagai kategori pemenang seperti kategori Penalaran dan Minat Bakat, Bidang Kaderisasi dan Dakwah serta Alumni.

Kemudian, dilanjutkan persembahan drama kolosal dari 28 UKM Kampus yang dikemas dalam cerita sejarah. Tidak hanya itu, kegiatan pada hari tersebut diakhiri dengan bernyanyi dan joget bersama yang menambah keseruan pada acara.

Menurut salah satu mahasiswa Teknik Elektro, Refilla Dewi Pangestu mengungkapkan acaranya super megah, dan seru.

“Kayaknya kampus swasta ini yang ospeknya kayak gini cuma ada di UMS aja, dingin terus nyaman juga. Selama beberapa hari ini acaranya tertata rapi, semuanya kondusif,” kata mahasiswa baru Teknik Elektro itu. (Fika/Humas)