Himakom UMS Kunjungi 3 Stasiun TV Nasional : Tingkatkan Wawasan Mahasiswa Ilmu Komunikasi

ums.ac.id, SURAKARTA – Mahasiswa Himpunan Mahasiswa Komunikasi (Himakom) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) melakukan kegiatan KUBES (Kunjungan Besar) yang merupakan kegiatan edukatif ke sejumlah stasiun televisi terkemuka di Jakarta. Stasiun Televisi itu adalah TVOne, PT. Surya Citra Media (SCM), dan NET TV.

Kegiatan kunjungan edukatif ini merupakan bagian dari program rutin Himakom UMS untuk memperkaya pengalaman dan pengetahuan mahasiswa dalam bidang komunikasi, sehingga mereka dapat menjadi lulusan yang kompeten dan siap bersaing di industri kreatif dan media.

Ketua Himakom UMS, Adrian Sugihartanto, memaparkan kunjungan itu bertujuan untuk memperluas wawasan dan pemahaman mahasiswa dalam bidang komunikasi, khususnya Public Relations, dan Broadcasting.

“Kunjungan ini sangat bermanfaat bagi para anggota, terutama dalam meningkatkan pengetahuan mereka tentang praktik nyata di industri media,” papar Ketua Himakom pada Senin, (12/8).

Mengawali KUBES yang dilakukan pada Kamis, (1/8), mahasiswa diajak untuk mengunjungi TVOne, di mana para mahasiswa disambut hangat oleh tim Public Relations televisi tersebut. Dalam pertemuan ini, mahasiswa mendapatkan materi secara mendalam mengenai strategi Public Relations yang diterapkan oleh TVOne.

“Kita diberikan materi mengenai pentingnya menjaga hubungan baik dengan media dan masyarakat, serta bagaimana menghadapi situasi krisis dalam dunia pertelevisian,” kata Adrian.

Pada kunjungan ke dua, Himakom UMS melanjutkan ke PT. Surya Citra Media (SCM) yang menaungi stasiun televisi Indosiar dan SCTV. Pada kunjungan ini mahasiswa berkesempatan untuk mempelajari strategi branding yang dijalankan oleh kedua stasiun televisi tersebut.

Ketua Himakom menjelaskan, Tim SCM memberikan wawasan mengenai pentingnya membangun dan mempertahankan citra brand yang kuat, serta bagaimana perusahaan dapat mengelola identitasnya di tengah persaingan ketat industri media.

Agenda KUBES ditutup dengan mengunjungi stasiun NET TV. Pada Stasiun TV tersebut, mahasiswa Himakom tidak hanya diberikan teori, tetapi juga diajak untuk melihat langsung proses produksi acara live streaming berjudul “Main Hakim Sendiri.”

“Acara ini sangat relevan dengan penjurusan broadcasting yang ada di Ilmu Komunikasi UMS. Seluruh mahasiswa dapat menyaksikan secara langsung bagaimana sebuah program siaran diproduksi, mulai dari persiapan teknis hingga tayang secara langsung di televisi,” jelas Ketua Himakom UMS.

Selain itu, lanjutnya, mereka juga diajak untuk menjelajahi di berbagai studio yang ada di NET TV, sehingga mereka dapat melihat dari dekat fasilitas produksi dan peralatan yang digunakan dalam proses penyiaran.

“Dengan kunjungan ini, kami dapat menghubungkan teori yang kami pelajari di kampus dengan praktik langsung di lapangan, sehingga kami bisa lebih siap menghadapi tantangan di dunia kerja nanti,” ujar Farandy, salah satu mahasiswa peserta kunjungan. (Habibah/Yusuf/Humas)