Kelompok 69 KKNMAs Kenalkan Peluang Bisnis Herbal: Sosialisasi dan Demo Masak untuk Pemberdayaan UMKM di Desa Ledok

Tulisan dari Tim KKN MAs 2024 tidak mewakili pandangan dari redaksi News UMS

Kenokorejo – Senin 20 Agustus 2024, Kelompok 69 Kuliah Kerja Nyata Muhammadiyah Aisyiyah (KKNMAs) melakukan kegiatan sosialisasi dan pelatihan demo masak untuk UMKM.

Dalam sosialisasi ini, kami tim 69 menyampaikan kepada warga RT 04 Desa Ledok terkait dengan betapa pentingnya pemanfaatan tanaman herbal sebagai bisnis dimasa sekarang dan upaya dalam pencegahan stunting.

Sosialisasi ini dilakukan dalam rangka memperkenalkan produk UMKM yang telah kami buat yaitu Banana Cake dan Infused Water. Tentunya, produk yang kami buat ini menggunakan dan memanfaatkan tanaman herbal seperti jahe, sereh yang kaya akan manfaat.

Selain memperkenalkan produk, tim 69 melakukan demo masak secara langsung terkait dengan tata cara membuat Banana cake dan Infused water kepada warga agar mereka dapat mempraktekkannya di rumah.

Dengan mengusung tema “Pemanfaatan tanaman herbal sebagai obat tradisional”, kami berharap sosialisasi dan demo masak ini dapat dimanfaatkan dan diaplikasikan oleh masyarakat. Kemudian, harapan lainnya yaitu semoga untuk kedepannya demo masak yang telah kami lakukan bisa menjadi ide bisnis bagi warga sekitar sehingga dapat menambah penghasilan.

(Tim kelompok 69)