Keren! Kelompok 95 Kenalkan Tanaman Obat Keluarga (TOGA) di SDN 02 Tlobo

Tulisan dari Tim KKN MAs 2024 tidak mewakili pandangan dari redaksi News UMS

Karanganyar – 13 Agustus 2024 Tim KKNMAs kelompok 95 melakukan kegiatan pengajaran di SDN 02 Tlobo. Kami mengisi pembelajaran mengenalkan TOGA kepada siswa SD kelas 3, 4, dan 5 yang berguna agar mereka mengetahui berbagai macam tanaman yang dapat berguna bagi kesehatan dan dapat di budidaya sendiri di rumah.

Pada awalnya kita memberikan pre test terlebih dahulu yang berguna untuk mengukur kemampuan awal siswa sebelum mengikuti kegiatan pembelajaran. Dari hasil pre test banyak anak yang belum memahami mengenai tanaman sehingga nilainya kurang memuaskan.

Selanjutnya dikenalkan berbagai macam tanaman dengan memperlihatkan gambarnya agar memudahkan anak-anak untuk mengenali dan mengingat. Semua anak berantusias dalam mengikuti pembelajaran ini.

Setelah selesai pembelajaran dilanjutkan dengan mengadakan post test yang bertujuan untuk mengukur seberapa besar peningkatan pengetahuan siswa setelah mengikuti pembelajaran. Dari hasil post test menunjukkan adanya peningkatan yang sangat signifikan yang ditunjukkan dengan nilai untuk semua siswa memuaskan. Yang artinya bahwa pembelajaran yang kita berikan mudah dipahami serta semua siswa mengikuti dan mendengarkan apa yang kita jelaskan.

Selain itu kita juga mengajarkan salah satu permainan ceblak-ceblak suweng. Permainan ini merupakan permainan tradisional dari Jawa Tengah yang dimainkan oleh 3-5 orang dan menggunakan media batu, pecahan genting, atau benda yang bisa digenggam serta dengan diiringi sebuah lagu. Tujuannya yaitu untuk mengenalkan anak-anak zaman sekarang dengan permainan tradisional zaman dahulu. Dalam permainan ini siswa yang kalah diberikan pertanyaan tentang matematika.

Dari pembelajaran yang sudah kami berikan diharapkan dapat memberikan dampak positif dan bermanfaat bagi semua siswa serta menciptakan generasi muda yang cerdas dan mampu berdaya saing

(Tim KKN MAs Kelompok 95, Desa Tlobo)