KKN MAs Kelompok 05 Sukses Melaksanakan Program Kerja Penyuluhan UMKM Go Digital & Pengelolaan Manajemen Keuangan di Desa Trosemi

Tulisan dari Tim KKN MAs 2024 tidak mewakili pandangan dari redaksi News UMS

SUKOHARJO, Kamis 15 Agustus 2024. Mahasiswa KKN MAS kelompok 05 Membersamai kegitan posyandu Sido Luhur RT 01/RW 04 Desa Trosemi.

Kegiatan dimulai pada malam hari pukul 18:00 berupa Penyuluhan UMKM Go Digital. Kegiatan pada malam hari ini dihadiri langsung oleh Pak Suranto selaku Kepala Desa, seluruh Ketua RW, Ketua Karang Taruna, Pelaku UMKM dan Mahasiswa KKN dari Universitas Negeri Sebelas Maret.

“Penyuluhan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan para pelaku UMKM tentang pembuatan website dan e-commerce, membantu UMKM memiliki toko online sendiri dan meningkatkan penjualan produk UMKM secara online”, ucap Helen Sapni Mahena selaku pemateri sekaligus penanggungjawab dari kegiatan penyuluhan tersebut.

Dilanjut dengan materi kedua yaitu Manajemen Keuangan. “Materi ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman tentang manajemen keuangan serta mendorong pentingnya pemahaman mengenai pencatatan keuangan yang sistematis, meningkatkan profitabilitas usaha juga kemampuan pelaku UMKM dalam perencanaan dan pengambilan keputusan keuangan, meningkatkan kesiapan pelaku UMKM dalam menghadapi perubahan ekonomi seperti fluktuasi pasar, pandem”, ucap Bashirul Ali selaku pemateri sekaligus penanggungjawab dari kegiatan penyuluhan tersebut.

Kesimpulan dari kegiatan penyuluhan dengan tema materi “UMKM Go Digital dan Manajemen Keuangan” yaitu dapat mengetahui dengan jelas betapa pentingnya bagi pelaku UMKM untuk mengadopsi teknologi digital dalam operasional bisnis mereka. Digitalisasi dapat meningkatkan efisiensi, memperluas jangkauan pasar, dan mempermudah transaksi. Selain itu, pengelolaan manajemen keuangan yang baik sangat krusial untuk memastikan keberlanjutan usaha. Dengan memahami dan menerapkan strategi digital serta praktik pengelolaan keuangan yang tepat, UMKM di Desa Trosemi dapat meningkatkan daya saing dan berkontribusi lebih besar terhadap perekonomian.

*TIM KKN MAS DESA TROSEMI 5*