KKNMAs 2024 Mencerahkan, Kelompok KKNMAs 145 Desa Girimulyo Siap untuk Mengabdi !

Tulisan dari Tim KKN MAs 2024 tidak mewakili pandangan dari redaksi News UMS

Surakarta, Rabu 31 Juli 2024. Seluruh Peserta KKNMAs mengikuti kegiatan pembekalan sebelum terjun untuk melakukan pengabdian di masyarakat Kabupaten Sukoharjo dan Kabupaten Karanganyar.

KKNMAs adalah kegiatan KKN yang dilaksanakan oleh PTMA seluruh Indonesia yang melibatkan berbagai Universitas Muhammadiyah yang diikuti 1.528 mahasiswa. Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) menjadi tuan rumah kegiatan KKNMAs 2024 yang dilaksanakan pada 2 Kabupaten yakni Kabupaten Sukoharjo dan Kabupaten Karanganyar yang akan dilaksanakan pada 1 Agustus sampai dengan 12 September 2024.

Mengutip dari news.ums.ac.id, yang menjadi panitia pusat atau tuan rumah dari KKNMAs 2024 adalah Universitas Muhammadiyah Surakarta. Hal ini disampaikan oleh Prof., Ir., Sarjito, M.T., Ph.D. saat sambutan pada kegiatan Seminar Nasional The 19th URECOL. “KKNMAs Tahun 2024 akan disebar ke wilayah Sukoharjo dan Karanganyar. Panitua lokal dari UMS telah melakukan koordinasi dengan pemerintah Kabupaten Sukoharjo dan Kabupaten Karanganyar, mereka sangat terbuka jika daerahnya digunakan sebagai lokasi KKN”, tutur Prof.,Ir.,Sarjito., M.T.,Ph.D.

Acara pembekalan dimulai pada pagi hari pada pukul 08.00 WIB sampai pukul 15.00 WIB. Seluruh mahasiswa yang terpilih secara resmi sebagai peserta KKNMAs 2024 pada hari ini melaksanakan pembekalan secara offline di gedung Auditorium Ahmad Dahlan Universitas Muhammadiyah Surakarta. Pembekalan pada hari ini disampaikan oleh Ketua Panitia Pusat Prof. Suwarno, M.Si., Dr. Aris Slamet Widodo, Perwakilan Kabupaten Sukoharjo dan Karanganyar, serta perwakilan dari TIM UMS.

KKNMAs 2024, mengusung tema UMKM Unggul Stunting Menurun (Inovasi Digitalisasi UMKM Melalui Potensi Lokal dan Pemberdayaan Pencegahan Stunting Menuju Indonesia Emas 2045

Perwakilan dari Kabupaten Sukoharjo dan Kabupaten Karanganyar menyampaikan gambaran lokasi dan gambaran potensi yang ada pada setiap kecamatan yang menjadi lokasi KKNMAs 2024. Dengan bekal ilmu dan motivasi yang diberikan oleh seluruh narasumber, kelompok 145 KKNMAs desa Girimulyo siap untuk melaksanakan pengabdian masyarakat. Mereka siap untuk mengabdikan pengetahuan, pengalaman, inovasi, dan kreatifitas yang sudah diperoleh untuk mencapai tujuan dari KKNMAs 2024. Dengan harapan mampu berkontribusi positif dan memberikan manfaat bagi warga masyarakat Desa Girimulyo.

(Tim KKNMAs 2024 kelompok 145 Desa Girimulyo, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar)