KKNMAs 2024, Siapkan Mahasiswa Unggul untuk Pemberdayaan Masyarakat

Tulisan dari Tim KKN MAs 2024 tidak mewakili pandangan dari redaksi News UMS

SURAKARTA – Pembekalan kepada mahasiswa peserta Kuliah Kerja Nyata Muhammadiyah Aisyiyah (KKNMAs) 2024 telah dilaksanakan, dihadiri oleh mahasiswa dari 46 PTMA di Indonesia mempersiapkan mereka untuk terjun ke masyarakat dengan inovasi dan semangat pengabdian.

Peserta KKNMAs 2024 berkumpul di Auditorium KH Ahmad Dahlan, Universitas Muhammadiyah Surakarta pada Rabu (31/7/2024) untuk mengikuti serangkaian kegiatan pembekalan yang komprehensif. Acara ini bertujuan untuk membekali mahasiswa dengan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan sebelum mereka ditempatkan di berbagai desa di Kabupaten Sukoharjo dan Karanganyar.

Kegiatan KKN yang nanti akan dilaksanakan oleh mahasiswa mengangkat tema “UMKM Unggul Stunting Menurun”. Perwakilan dari kepala desa Kabupaten Sukoharjo dan Karanganyar turut berpartisipasi untuk berdiskusi dengan peserta KKN.

Ketua Pelaksana KKNMAs 2024 menyampaikan bahwa kegiatan pembekalan ini bertujuan untuk mempersiapkan mahasiswa secara mental dan intelektual sebelum terjun ke lapangan.

“Melalui pembekalan ini, mahasiswa diberikan pemahaman mengenai strategi pemberdayaan masyarakat, penulisan berita, dan optimalisasi media sosial untuk mendukung program KKN”.

Program KKNMAs 2024 ini bermula dari adanya kebutuhan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat desa melalui pemberdayaan dan inovasi kreatif.
Diharapkan, melalui program yang telah dirancang ini dapat memberdayakan masyarakat desa dan mendorong pertumbuhan UMKM lokal.

Di bawah pendampingan Dosen Pendamping Lapangan, kegiatan dan program mulai dijalankan dengan semangat kolaborasi antara mahasiswa dan masyarakat.

Perwakilan kepala desa memberikan apresiasi atas persiapan yang telah dilakukan.

“Saya merasa kegiatan pembekalan yang diberikan kepada mahasiswa KKN sangat komprehensif dan relevan dengan kebutuhan di lapangan”. (Kelompok 131, Desa Koripan, Kabupaten Karanganyar)