Mahasiswa KKN-MAS Kelompok 31: Aksi Nyata di Kolam Nila, Rapat Walking Tour, dan Partisipasi Tarakitan

Tulisan dari Tim KKN MAs 2024 tidak mewakili pandangan dari redaksi News UMS

Sukoharjo – 16 Agustus 2024, pada pagi hari pukul 09.30 Kelompok 31 KKN bersama dengan tim KKN dari Universitas Sebelas Maret (UNS) dan Universitas Diponegoro (UNDIP) bekerja sama untuk melakukan kegiatan mencat pot bunga di sekitar kolam nila Pojok. Kegiatan ini merupakan bagian dari program kerja yang bertujuan untuk memperindah lingkungan sekitar kolam serta meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga kebersihan dan keindahan fasilitas umum. Kegiatan ini diikuti oleh puluhan mahasiswa dari ketiga universitas. Mereka bekerja sama dengan didampingi Pak Ateng untuk mengecat pot-pot bunga yang menghiasi area sekitar kolam. Warna-warna cerah dipilih untuk memberikan nuansa segar dan menambah daya tarik visual di kawasan tersebut.

Kemudian, pada sore hari pukul 15.30 kami mengikuti rapat dengan Mas Chris di Balai Desa untuk membahas tentang project walking tour, dalam project ini Kelompok 31 ikut serta dalam kegiatan nya. Kami dibagi menjadi 3 kelompok yang masing masing kelompok terdiri dari 3 orang. Masing masing kelompok dibagi dengan lokasi yang berbeda-beda yaitu zona agro tema nature & environment, zona budaya tema arsitektur jawa, serta zona ekraf tema seni budaya dan kuliner lokal.

Selanjutnya, pada malam hari pukul 19.30 kami ikut merayakan acara tarakitan yang merupakan salah satu tradisi jawa untuk merayakan hari kemerdekaan. Acara ini diikuti oleh berbagai lapisan masyarakat, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Acara ini dimulai dengan pembacaan doa, pidato dari pak rt, makan bersama dan ditutup oleh pembagian doorprize.

(PDD Tim 31, Muhammad Rifky Bagus Cahyadi)