Malam Tirakatan Tim KKN MAs 115 bersama Warga Desa Bakalan

Tulisan dari Tim KKN MAs 2024 tidak mewakili pandangan dari redaksi News UMS

KARANGANYAR, 16 Agustus 2024 – Tim KKN MAs kelompok 115 turut dalam pelaksanaana malam tirakatan tepatnya di Dusun Pijenan, Desa Bakalan. Malam Tirakatan sendiri diartikan sebagai tradisi masyarakat Indonesia, khususnya Jawa, yang dilakukan pada malam sebelum Hari Kemerdekaan Republik Indonesia.

Rangkaian acara malam tirakatan Dusun Pinjenan terdiri dari doa bersama, suguhan makan malam, nonton bareng (nobar) short movie tentang Dusun Pijenan, dan yang terkahir adalah hiburan dari warga Dusun Pijenan. Karang Taruna Irma Atmaja, yang merupakan karang taruna Dusun Pijenana meminta kontribusi dari tim KKN MAs kelompok 115 untuk membuat dokumentasi berupa short video selama malam tirakatan tersebut. Nazwa, selaku divisi dari publikasi dokumentasi tim meng-iyakan permintaan dari Mas Agung, selaku ketua karang taruna Irma Atmaja, Dusun Pijenan.

“Acaranya terstruktur, semi-formal tapi ambience sama audiencenya terasa. seneng juga bisa dilibatin sama teman-teman karang taruna Irma Atmaja dan disambut hangat sama warga setempat,” ucap Nazwa.

Malam tirakatan Dusun Pijenan berjalan dengan lancar dan khidmat. Kelompok 115 cukup senang karena dapat berpartisipasi dalam acara yang diadakan oleh warga Desa Bakalan. Kelompok 115 berharap dapat terus menjalin silaturahmi dengan warga Desa Bakalan.

(Tim KKN MAs Kelompok 115 Desa Bakalan)