Masta-PMB UMS 2024 Semakin Dekat, Ini Arahan dari Panitia!

ums.ac.id, SURAKARTA – Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) akan menggelar Grand Opening Masa Ta’aruf dan Penyambutan Mahasiswa Baru (Masta-PMB) UMS Tahun 2024 yang akan diselenggarakan di Gedung Edutorium KH Ahmad Dahlan UMS pada Senin, (19/8) mendatang.

Masa Ta’aruf atau yang lebih populer disebut dengan Masta, adalah serangkaian acara penyambutan mahasiswa baru di UMS. Setiap tahunnya, Masta UMS digelar dengan penuh keseruan dan kegembiraan. Alur rangkaian acara Masta UMS bermula dari Masta Universitaria, Masta IMM, hingga Masta Fakultaria.

Rangkaian Masta PMB 2024 wajib diikuti oleh mahasiswa baru UMS, terdiri atas Grand Opening, Masta Universitaria, Masta IMM (Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah), Expo UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa ), LPPIK-ria, serta Fakultaria yang dilaksanakan mulai tanggal 19 – 31 Agustus 2024.

Kepala Biro Kemahasiswaan UMS, Ahmad Kholid Al Ghofari, S.T., M.T., menyambut mahasiswa baru calon peserta MASTA-PMB 2024 serta mengucapkan selamat kepada mahasiswa yang berhasil masuk ke UMS, kampus Unggul Mendunia.

“Sebagai informasi, peserta yang mendaftar pilihan satu dan dua di UMS sebanyak 54.000 dan telah diterima per hari ini sebanyak 7.944, dan yang sudah regristasi sebanyak 6.750,” papar Kholid dalam Live Session Masta-PMB 2024 yang dilaksanakan pada platform Instagram, Selasa, (13/8).

Artinya, lanjut Kabiro, besok Senin, (19/8) semua mahasiswa baru akan disambut dan diterima langsung oleh pak Rektor UMS, Prof. Dr. Sofyan Anif, M.Si., sebagai bagian dari keluarga baru dan akan dikenalkan dengan kampus UMS.

Menyambung dari Kabiro Kemahasiswaan, Dr. Mahasri Shobahiya, M.Ag., sebagai Kabag Kaderisasi dan Dakwah Biro Kemahasiswaan UMS menambahkan, ketika besok mahasiswa baru mengikuti rangkaian Masta-PMB 2024, masing-masing mahasiswa berkesempatan untuk mengikuti Masta IMM selama 2 hari

“Meski tadi ada rentang waktu mulai dari 21-24 Agustus, nanti bergantung pada masing-masing komisariat (Fakultas) itu memilih 2 hari yang mana. Ada yang mulai pada 21-22 Agustus, ada yang 22-23 Agustus, ada juga yang dimulai pada 23-24 Agutus,” papar yang kerap disapa Bunda itu.

Masta IMM yang terintegrasi dengan Masta-PMB ini, terang Bunda, ditujukan dalam rangka mengenalkan sebagai mahasiswa di Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM), karena ketika sudah masuk otomatis menjadi bagian dari keluarga besar muhammadiyah yang masuk di dalam ortom Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM).

“Untuk itu dalam rangka mengenal rumah besarnya Muhammadiyah ini, pada hari pertama Masta IMM akan dikenalkan 2 hal itu. Pada hari ke dua akan dikenalkan kekhasan masing-masing komisariat dengan materi yang sesuai local wisdom (kearifan lokal),” jelas Bunda Mahasri Shobahiya.

Merespon pertanyaan mengenai mahasiswa baru yang sudah mendaftar Masta-PMB 2024 namun belum masuk ke dalam Grup Whatsapp, Ahmada Auliya Rahman, S.I.Kom, M.Pd., selaku Ketua Panitia Masta-PMB 2024 menjelaskan bahwa untuk memasukkan mahasiswa baru kedalam Grup Whatsapp menunggu penutupan dan tidak menyebarkan grup secara live.

“Teman-teman (mahasiswa baru) nanti akan diundang satu persatu secara eksklusif untuk masuk ke dalam grup Whatsapp resmi Masta-PMB UMS 2024 di masing-masing fakultas, jadi tenang saja,” kata Ketua Panitia Masta-PMB 2024.

Ahmada juga menerangkan didalam grup Whatsapp resmi Masta-PMB UMS 2024 akan ada Duta Masta yang akan membimbing dan menjawab pertanyaan jika ada yang perlu ditanyakan.

“Jadi jangan khawatir, UMS akan mengakomodir seluruh mahasiswa baru peserta Masta-PMB,” pungkas Ahmada. (Yusuf/Humas)