Merdeka! Tim KKN-MAs Kelompok 105 Ikut dalam Upacara HUT Republik Indonesia ke-79

Tulisan dari Tim KKN MAs 2024 tidak mewakili pandangan dari redaksi News UMS

Karanganyar, 17 Agustus 2024 – Peringatan kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus menjadi momentum untuk merefleksikan kembali makna kemerdekaan dan tantangan yang dihadapi bangsa. Pada peringatan hari kemerdekaan yang ke-79 kali ini, KKN-MAs Kelompok 105 mengikuti upacara peringatan 17 Agustus di lapangan Ngunut, Kecamatan Jumantono. Upacara ini dihadiri oleh jajaran staf Kec. Jumantono, guru-guru, siswa-siswi, organisasi-organisasi, dan tentunya mahasiswa KKN-MAs se-Kecamatan Jumantono.

Kegiatan peringatan ini diisi oleh beberapa penampilan dari siswa-siswi SD Kecamatan Jumantono seperti, penampilan polisi cilik dan drumband sekolah. Adapun upacara dimulai sekitar pukul 09:30 sebagaimana detik-detik proklamasi, dimulai dengan pengibaran bendera merah putih yang dilaksanakan dengan penuh khidmat. Dalam momen yang penuh makna ini, bendera pusaka berkibar di langit, melambangkan perjuangan dan pengorbanan para pahlawan kita dalam meraih kemerdekaan.

Perayaan ini bukan hanya sekedar upacara, tetapi juga menjadi refleksi kebangsaan dan momentum bagi masyarakat Kecamatan Jumantono untuk terus bergerak maju bersama dengan semangat kemerdekaan. Seluruh peserta upacara mengikuti jalannya upacara dengan penuh kebanggaan dan khidmat, memperlihatkan betapa masyarakat Kecamatan Jumantono menghargai nilai-nilai perjuangan yang telah membawa Indonesia hingga titik ini.

Upacara ini diakhiri dengan pembacaan doa, memohon keberkahan dan kekuatan bagi Indonesia kedepannya. Sebagai mahasiswa generasi penerus bangsa, kami berharap dapat melanjutkan cita-cita bangsa Indonesia, berkontribusi dan siap menghadapi persaingan global dengan meningkatkan kompetensi baik dalam hal pengetahuan maupun keterampilan.

(Kelompok 105 – Desa Genengan/Shofiyatul Qulub)