Muhammadiyah Berkemajuan! Tim KKNMAs 2024 Desa Jatiroyo Siap Diterjunkan!

Tulisan dari Tim KKN MAs 2024 tidak mewakili pandangan dari redaksi News UMS

SURAKARTA – 31 Juli 2024, telah diadakan pembekalan untuk mahasiswa peserta Kuliah Kerja Nyata Muhammadiyah Aisyiah (KKNMAs) di Edutorium Universitas Muhammadiyah Surakarta yang merupakan tuan rumah KKNMAs 2024 ini. Acara ini diikuti oleh mahasiswa dari 46 Perguruan Tinggi Muhammadiyah Aisyiyah (PTMA) di seluruh Indonesia sebagai persiapan sebelum mereka diterjunkan ke masyarakat.

KKNMAs adalah program pengabdian masyarakat yang bertujuan untuk menerapkan ilmu yang diperoleh selama kuliah dalam kegiatan nyata di masyarakat, sesuai dengan bidang keahlian masing-masing. Tema KKNMAs kali ini adalah “UMKM Unggul, Stunting Menurun,” yang akan dilaksanakan di dua kabupaten, yaitu Karanganyar dan Sukoharjo.

Pembekalan ini dihadiri oleh berbagai peserta dari seluruh PTMA di Indonesia termasuk kelompok 78 yang akan menempati dari Desa Jatiroyo, Kecamatan Jatipuro, Kabupaten Karanganyar. Kelompok ini akan mengimplementasikan program utama mereka yang berfokus pada dua aspek utama: pengurangan stunting dan pengembangan pertanian organik.

Pembekalan ini memiliki beberapa rangkaian acara yaitu penyampaian materi dari perwakilan pimpinan BAPERLITBANG Kabupaten Karanganyar dan Pimpinan BAPPERIDA Kabupaten Sukoharjo. Kemudian dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh LPM UMY terkait dengan penyusunan program dan kegiatan KKN di Desa, Selanjutnya ada penyampaian materi terkait publikasi berita dan Pengelolaan Media Sosial oleh Tim Humas UMS, dan terakhir penyampaian teknis transportasi keberangkatan peserta KKNMAs menuju Desa Pengabdian.

Adapun Dosen Pembimbing Lapangan yaitu Bapak Dr. Muh. Nur Rochim Maksum, S.Pd.I., M.Pd.I dengan Struktur kepengurusan KKNMAs Desa Jatiroyo yaitu:

1. Koordinator Desa (Riyan Efendi – Universitas Aisyiyah Yogyakarta)
2. Sekretaris (Tasya – Universitas Muhammadiyah Bone)
3. Bendahara 1 (Atika Syafitri – STIT Muhammadiyah Sibolga)
4. Bendahara 2 (Nur Leily Amelia – Institut Ilmu Kesehatan dan Teknologi Muhammadiyah Palembang)
5. Humas 1 (Muh Anugrah Akbar – Universitas Muhammadiyah Makassar)
6. Humas 2 (Astri Annisa Sitorus – STIT Muhammadiyah Sibolga)
7. Publikasi & Dokumentasi (Maulidya Rahmadika Rahim – Universitas Ahmad Dahlan)
8. Publikasi & Dokumentasi (Nadia Widi Oktaviani – Universitas Muhammadiyah Gombong)
9. Logistik (Farhan Faaiz Yasykur – Universitas Muhammadiyah Surakarta)

(Tim KKNMAs DesaJatiroyo/@jatiroyobersinergi)