Optimalkan Nutrisi: Edukasi Ibu-Ibu Desa Klumprit Cegah Stunting dengan Daun Kelor

Tulisan dari Tim KKN MAs 2024 tidak mewakili pandangan dari redaksi News UMS

Klumprit, 13 Agustus 2024 – Tim KKN MAs 52 sukses mengadakan penyuluhan mengenai pencegahan stunting di Posyandu Mawar 1, Desa Klumprit. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran ibu-ibu tentang pentingnya gizi seimbang, terutama melalui pemanfaatan daun kelor.

Dalam penyuluhan tersebut, para peserta diberikan pemahaman tentang bahaya stunting dan cara mencegahnya. Ada pun, salah satu cara yang dapat diberikan dalam mencegah stunting yaitu dengan memanfaatkan daun kelor.

Daun kelor diketahui mengandung protein, zat besi, kalsium, dan berbagai vitamin yang sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan anak. Dengan mengonsumsi makanan berbahan dasar daun kelor secara teratur, risiko anak mengalami stunting dapat diminimalisir.

Cara memanfaatkan daun kelor dapat dilakukan dengan mengolah menjadi makanan kesukaan anak-anak. Adapun salah satunya, yaitu dengan membuat puding dari daun kelor.

Selain memberikan materi, Tim KKN MAs juga membagikan resep dalam mengolah puding daun kelor yang mudah dibuat. Tim KKN MAs pun berharap agar ibu-ibu dapat lebih kreatif lagi dalam mengolah makanan bergizi untuk anak-anaknya.

Kegiatan ini diikuti oleh ibu-ibu yang memiliki balita. Melalui pre-test dan post-test, terlihat peningkatan pengetahuan peserta mengenai pentingnya gizi seimbang dan manfaat daun kelor.