Pemanfaatan Kain Bekas Menjadi Bros Sebagai Penambahan Proker TP PKK

Tulisan dari Tim KKN MAs 2024 tidak mewakili pandangan dari redaksi News UMS

Klumprit, 08 Agustus 2024 telah diadakan pelatihan untuk TP PKK yang berlangsung di Kantor Desa Klumprit Kecamatan Mojolaban. Kegiatan ini dilakukan sebagai pelatihan untuk kegiatan program kerja II TP PKK yang bertema “Penguatan Ekonomi Keluarga Melalui Pemanfaatan Sumber Daya Yang Dimiliki (Kampung Mandiri) Dengan Cara Peningkatan Pendidikan Keterampilan Ekonomi Kreatif”.

Dalam kegiatan program kerja II, TP PPK mengadakan pelatihan untuk membuat buket dari uang dan snack. Uang dirangkai untuk berbentuk bunga dan selanjutnya dihiasi dengan snack di sekelilingnya.

Sebagai mahasiswa yang kreatif, Tim KKN MAs Kelompok 52 yang mengabdi di Desa Klumprit yang diundang untuk menghadiri pelatihan tersebut ikut membantu dalam menambahkan program kerja untuk TP PKK, yaitu mengubah kain bekas menjadi aksesoris bros.

Proses pembuatan bros dari kain bekas dimulai dari memotong kain menjadi bulat sesuai ukuran yang diinginkan. Setelah itu kain dilipat sebanyak dua kali dan dijahit sampai berbentuk kelopak bunga sebanyak enam kain.

Pemanfaatan kain bekas menjadi aksesoris bros ini, diharapkan dapat membantu dan menjadi wawasan baru untuk TP PKK dalam mengembangkan ekonomi di Desa Klumprit.