Pembacaan Maulid al-Barzanji di Bustanul Muta’alimin: Ajang Silaturahmi dan Pengembangan Diri Mahasiswa

Tulisan dari Tim KKN MAs 2024 tidak mewakili pandangan dari redaksi News UMS

Sukoharjo, Hari Kamis (16/8) kami mahasiswa KKMas-28 menghadiri kajian rutin bersama setiap malam jum’at kliwon dalam rangka Maulid al-Barzanji yang diselenggarakan di TPQ Bustanul Muta’alimin, Pencil, Manisharjo. Acara dimulai ba’da isya’ dan selesai pukul 22.30 yang dihadiri oleh warga-warga sekitar dukuh Pencil setempat.

Acara diawali dengan solawatan diiringi oleh suara rebana. Diselilingi oleh doa-doa untuk para pahlawan yang telah gugur dalam memperjuangkan kemerdekaan NKRI.

Isi materi dari kajian Maulid al-Barzanji, yaitu keberuntungan sebagai hamba Allah SWT dan sebagai umat rasulullah SAW. Seorang hamba bertambah ilmunya bertambah bertawadha atau berbalas kasih; bertambah amalnya semakin bertambah kewarasan, khawatir jika dibiarkan/disingkirkan oleh allah swt.; bertambah dalam berhati-hati jangan mudah bersombong dalam beramal, tambah usianya lebih baik dikurangi ambisinya; ketika bertambah hartanya maka bertambahlah rendah hati; bertambah kekuasaan/pangkatnya maka bertambah kehormatannya hendaknya ia menambah kedekatan pada masyarakatnya.

[KKNMas 28, Desa Manisharjo]