Pembekalan dan Pelepasan KKN Mas 2024 di UMS: Mempersiapkan Mahasiswa untuk Berkontribusi di Masyarakat

Tulisan dari Tim KKN MAs 2024 tidak mewakili pandangan dari redaksi News UMS

SURAKARTA, 31 Juli 2024 – Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) menggelar acara pembekalan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Mas 2024 pada hari Senin, 31 Juli 2024. Acara yang berlangsung di Auditorium UMS ini dihadiri oleh ribuan mahasiswa peserta KKN Mas dari berbagai PTMA seluruh Indonesia, dosen pembimbing lapangan, serta beberapa narasumber

KKN MAS tahun 2024 akan dilaksanakan di dua Kabupaten yaitu Kabupaten Sukoharjo dan Karanganyar pelaksanaan KKN MAs berlangsung mulai tanggal 1 Agustus – 12 September 2024.

KKN MAs tahun 2024 mengusung Tema “UMKM Unggul dan Stunting Menurun” dengan pembekalan yang sudah didapat Tim KKN MAs desa Wonorejo siap berkontribusi positif untuk masyarakat sekitar.

Kegiatan pembekalan ini bertujuan untuk mempersiapkan mahasiswa dalam menghadapi tantangan di lapangan. Berbagai materi mulai dari bimbingan program KKN, komunikasi efektif, panduan membuat konten, hingga teknik pemecahan masalah disampaikan oleh para ahli dan dosen berpengalaman. Selain itu, mahasiswa juga dibekali dengan wawasan tentang potensi dan permasalahan yang ada di daerah tujuan KKN.

Lebih dari seribu mahasiswa yang akan ditempatkan di berbagai desa di wilayah Jawa Tengah, tepatnya di Kabupaten Sukaharjo dan Karanganyar.

Dengan harapan mahasiswa dapat mengaplikasikan ilmu mereka dan membantu memecahkan berbagai masalah yang dihadapi oleh masyarakat setempat.

Para mahasiswa juga diharapkan dapat menjaga nama baik almamater dan menjalankan tugas mereka dengan penuh tanggung jawab serta selalu semangat dalam melakukan pengabdian.

(Team KKN Mas 2024 Desa Wonorejo/ Sri Nabilah, Wasis M Hidayatullah)