Pembekalan Offline KKN MAS: Mempersiapkan Mahasiswa untuk Terjun ke Masyarakat

Tulisan dari Tim KKN MAs 2024 tidak mewakili pandangan dari redaksi News UMS

Surakarta, 31 Juli 2024 – Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) menggelar acara pembekalan offline bagi mahasiswa yang akan melaksanakan Kuliah Kerja Nyata Muhammadiyah Aisyiyah (KKNMas). Acara ini berlangsung di Gedung Edutorium UMS dan dihadiri oleh ribuan mahasiswa dari berbagai Perguruan Tinggi Muhammadiyah Aisyiyah yang siap mengabdikan diri di masyarakat.

Kuliah Kerja Nyata Muhammadiyah Aisyiyah (KKNMas) adalah bentuk pengabdian masyarakat yang melibatkan mahasiswa dan dosen pembimbing lapangan dalam kegiatan pemberdayaan masyarakat. KKNMas merupakan kolaborasi perguruan tinggi Muhammadiyah Aisyiyah seluruh Indonesia di bawah koordinasi Majelis Pendidikan Tinggi, Penelitian, dan Pengembangan (Dikti Litbang) PP Muhammadiyah.

Seluruh mahasiswa PTMA yang telah resmi terdaftar sebagai peserta KKNMas 2024 mengikuti pembekalan secara offline hari ini. Pembekalan materi disampaikan oleh Ketua Panitia Pusat, Prof. Suwarno, M.Si., Dr. Aris Slamet Widodo, Tim Humas UMS, serta pemateri dari perwakilan Kabupaten Sukoharjo dan Karanganyar untuk memberikan gambaran tentang potensi-potensi di setiap wilayah kabupaten tersebut.

Setelah mengikuti pembekalan, mahasiswa diharapkan dapat memberikan kontribusi positif kepada warga desa di lokasi KKN mereka.

Dengan misi tema KKNMas 2024, yakni “UMKM Unggul, Stunting Menurun,” Tim KKNMas Desa Sanggung yang terdiri dari 9 orang siap berkontribusi aktif dan memberikan dampak positif kepada warga Desa Sanggung.

M. Amri Qodami, peserta KKNMas 2024 sekaligus koordinator desa, mengungkapkan, “Saya sangat berterima kasih kepada panitia karena telah mempersiapkan kegiatan ini dengan baik. Semoga kelompok kami dapat menjalankan program kerja KKN dengan lancar dan bermanfaat bagi masyarakat Desa Sanggung.” (Tim KKNMas Desa Sanggung Hani/Amelia)