Pembekalan Offline KKN MAS: Persiapan Mahasiswa untuk Pengabdian Masyarakat

Tulisan dari Tim KKN MAs 2024 tidak mewakili pandangan dari redaksi News UMS

Surakarta, 31 Juli 2024-Dengan tema KKNMas 2024 yaitu “UMKM Unggul, Stunting Menurun” Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) menggelar acara pembekalan offline bagi mahasiswa yang akan melaksanakan Kuliah Kerja Nyata Muhammadiyah Aisyiyah (KKNMas). Acara ini dilaksanakan di Gedung Edutorium UMS dan dihadiri sebanyak 46 Perguruan Tinggi Muhammadiyah Aisyiyah (PTMA) yang siap mengabdikan diri kepada masyarakat.

KKNMas adalah program pengabdian masyarakat yang melibatkan mahasiswa dan dosen pembimbing lapangan dalam kegiatan pemberdayaan masyarakat. Program ini merupakan kolaborasi dari 46 Perguruan Tinggi Muhammadiyah Aisyiyah (PTMA) di seluruh Indonesia, di bawah koordinasi Majelis Pendidikan Tinggi, Penelitian, dan Pengembangan (Dikti Litbang) PP Muhammadiyah.

Materi pembekalan disampaikan oleh Ketua Panitia Pusat, Prof. Suwarno, M.Si., Dr. Aris Slamet Widodo, Tim Humas UMS, serta perwakilan dari Kabupaten Sukoharjo dan Kabupaten Karanganyar.

Setelah mengikuti pembekalan ini, mahasiswa diharapkan dapat memberikan kontribusi positif kepada masyarakat desa di lokasi KKN. Struktur kepengurusan KKNMas di Desa Sambirejo, Kecamatan Jumantono, Kabupaten Karanganyar telah disusun sebagai berikut :
1. Ketua : Galih Arga Saputra_Universitas Muhammadiyah Sukabumi
2. Sekretaris : Sri Titi Dewi Utami_Universitas Muhammadiyah Gombong
3. Bendahara : Wulan Aprilia_Universitas Muhammadiyah Surakarta
4. Humas & Acara : Lulu Latifah Khoirunnisa_Universitas Muhammadiyah Purwokerto, Zahra Anung Zulfah S_Universitas Muhammadiyah Ahmad Dahlan Cirebon
5. Publikasi/Media : Muhammad Ergi Divan Ramadhan_Universitas Muhammadiyah Surakarta, Permata Mayang Salma_Universitas Ahmad Dahlan
6. Konsumsi : Adiesti Rahma Ardania_Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
7. Perlengkapan : Chaidar Azmi A_Universitas Muhammadiyah Magelang

(KKN MAs Kelompok 104 Desa Sambirejo, Kec. Jumantono, Kab. Karanganyar)