Semangat Kemerdekaan: KKNMAs Tim 45 Ikut Serta dalam Malam Pitulasan RT 01/RW 12 Desa Cemani

Tulisan dari Tim KKN MAs 2024 tidak mewakili pandangan dari redaksi News UMS

SUKOHARJO, 16 Agustus 2024 – Semangat kemerdekaan sangat terasa di RT 01/RW 12 Candi Baru, Desa Cemani, Sukoharjo, Jawa Tengah saat mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Muhammadiyah Aisyiyah (KKNMAs) turut berpartisipasi dalam perayaan malam pitulasan yang diadakan di pelataran TK Nusa Indah Desa Cemani.

Acara yang rutin digelar setiap tahun menjelang Hari Kemerdekaan Indonesia ini kali ini mendapat sentuhan berbeda dengan kehadiran mahasiswa KKNMAs kelompok 45 yang terdiri dari 9 mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi Muhammadiyah Aisyiyah (PTMA) seluruh Indonesia. Para mahasiswa berkolaborasi dengan warga setempat untuk mengorganisir berbagai kegiatan yang mengusung tema kemerdekaan.

Mahasiswa KKNMAS kelompok 45 juga menyediakan beberapa dorpize untuk warga yang berhasil menjawab pertanyaan dari mahasiswa KKNMAs. Selain itu, untuk menghibur warga, salah satu mahasiswa KKNMAs kelompok 45 di tunjuk untuk mengisi hiburan dengan menyayikan bebearapa lagu bertemakan kemerdekaan.

Puncak acara ditandai dengan Pemotongan Tumpeng yang menggamabarkan rasa syukur masyarakat Candi Baru atas kemerdekaan yang di nikmati saat ini. potongan pertama diberikan langsung oleh Ketua RT 01 Candi Baru kepada Bima selaku ketua koordinator KKNMAs kelompok 45 sebagai simbol persahabatan dan bentuk rasa terima kasih atas partisipasinya dalam meramaikan perayaan Malam Pitulasan di RT 01/RW 12 Candi Baru.

Ketua RT 01, Bapak Suparwoto, mengapresiasi kontribusi mahasiswa KKNMAs. “dengan kehadiran mahasiswa KKN pada perayaan malam ini semoga bisa memberikan semangat baru dan memeriahkan perayaan malam Pitulasan di RT 01/ RW 12 Candi Baru pada malam ini .,” ungkapnya.

Acara ditutup dengan doa bersama dan di isi dengan lagu-lagu nasional. Perayaan malam pitulasan ini menjadi bukti bahwa semangat kemerdekaan dapat dirayakan dengan cara yang kreatif dan bermakna, sekaligus memperkuat ikatan antara mahasiswa dan masyarakat.

#Tim KKNMAs 45 Desa Cemani