Siap Mengabdi di Desa Ploso, Mahasiswa KKNMAs Kelompok 113 Ikuti Pembekalan KKN di UMS

Tulisan dari Tim KKN MAs 2024 tidak mewakili pandangan dari redaksi News UMS

SURAKARTA, 31 JULI 2024 – Di penghujung bulan juli 2024, peserta kelompok 113 KKNMAs yang akan diterjunkan ke desa Ploso, kecamatan Jumapolo, kabupaten Karanganyar disibukkan dengan kegiatan di Universitas Muhammadiyah Surakarta. Kelompok tersebut terdiri dari 9 mahasiswa yang berasal dari ragam perguruan tinggi Muhammadiyah seperti Bangka Belitung, Surakarta, Pekalongan, Malang, Yogyakarta, hingga Jakarta.

Bersama dengan lebih dari 1000 mahasiswa dari 46 PTMA di seluruh Indonesia, kelompok 113 dengan antusias mengikuti pembekalan KKN secara luring di Edutorium UMS setelah sebelumnya mengikuti 2 kali pembekalan secara daring dari tanggal 11-12 Juli 2024, pembekalan luring ini diadakan dari pukul 08.00 WIB hingga 15.10 WIB.

Sekedar informasi, KKNMAs merupakan bentuk kuliah kerja nyata yang melibatkan perguruan tinggi muhammadiyah dan aisyiyah dari berbagai PTMA di seluruh Indonesia. Informasi yang dikutip dari news.ums.co.id , Prof., Ir., Sarjito, M. T., Ph.D saat melakukan sambutan pada kegiatan Seminar Nasional the 19th URECOL menjabarkan bahwa KKNMas Tahun 2024 akan disebar ke wilayah Sukoharjo dan Karanganyar. Panitia lokal dari UM Surakarta telah melakukan koordinasi dengan pemerintah Kabupaten Sukoharjo dan Karanganyar, mereka sangat terbuka jika daerahnya digunakan sebagai lokasi KKN.

KKNMAs yang dilaksanakan pada tahun 2024 ini memiliki tema yaitu “UMKM Unggul dan Stunting Menurun” serta akan dilaksanakan dari tanggal 3 Agustus 2024 – 9 September 2024. Salah seorang pemateri dalam pembekalan luring menyampaikan harapannya kepada para mahasiswa agar tidak hanya sekedar menyelesaikan program dan kegiatan yang telah dibuat dan dijalankan, tetapi memastikan bahwa program dan kegiatan tersebut memberikan pengaruh dan perubahan sikap positif pada masyarakat tempat mereka mengabdi.

Dengan berbagai latar belakang program studi dan masing-masing bidang keilmuan yang dibawa, 9 mahasiswa dari kelompok 113 ini diharapkan mampu saling mengkolaborasikan ilmunya serta siap dan optimis dapat mengabdi dan membersamai masyarakat desa Ploso dalam membawa perubahan ke arah yang lebih positif.

(Tim KKNMAs 113 Desa Ploso/Kemal)