SUKSES! Kelompok 41 KKN MAs desa Pondok berhasil melaksanakan kegiatan “Edukasi 6 Langkah Mencuci Tangan Dengan Sabun” di TK desa Pondok

Tulisan dari Tim KKN MAs 2024 tidak mewakili pandangan dari redaksi News UMS

Sukoharjo, 16 Agustus 2024- Pelaksanaan Program kerja mengajar di Taman Kanak-kanak adalah inisiatif yang dirancang untuk memberikan pendidikan dan pengajaran yang menyenangkan serta mendidik anak-anak usia dini. Kegiatan ini dimulai dengan berolahraga bersama, dilanjutkan penyuluhan edukasi 6 langkah cuci tangan pakai sabun dan diakhiri dengan menonton vidio singkat edukasi mencuci tangan pakai sabun.

Sebanyak 33 anak-anak TK Desa Pondok sangat antusias dengan adanya kegiatan yang diselenggarakan oleh Tim KKNMAs 41 Desa Pondok Menggunakan properti toples transparan yang berisi air, Tangan yang digambar diatas karton, dan gambar kuman kecil menjadi media fisik yang digunakan untuk penjelasan edukasi 6 langkah mencuci tangan pakai sabun. Metode yang kami gunakan yaitu metode belajar sambil bermain, belajar tata cara mencuci tangan dengan benar dan bermain menempel gambar kuman di gambar tangan serta praktik mencuci tangan dengan air keran.

Acara diakhiri dengan menonton vidio edukasi mencuci tangan singkat yang berdurasi 2-3 menit dan pemberian hadiah berupa makanan sebagai penghargaan kepada anak-anak yang berhasil mencuci tangan dengan benar. Suasana yang penuh keceriaan dan semangat belajar ini menunjukan bahwa melalui pendekatan edukatif yang interaktif dan menyenangkan anak-anak dapat dengan mudah memahami dan mengadopsi kebiasaan mencuci tangan yang benar.

Melalui edukasi ini, diharapkan anak-anak dapat mengimplementasikan kebiasaan mencuci tangan dengan sabun secara rutin, terutama sebelum makan, setelah menggunakan toilet, dan setelah bermain.
-Tim KKNMAs 41