Tim 146 KKN MAs 2024 Siapkan Program Pengabdian di Desa Jatirejo

Tulisan dari Tim KKN MAs 2024 tidak mewakili pandangan dari redaksi News UMS

Dalam upaya meningkatkan UMKM dan menurunkan stunting di Desa Jatirejo, Ngargoyoso, Karanganyar Tim Kuliah Kerja Nyata Muhammadiyah ‘Aisyiyah (KKN MAs) 146 menyiapkan program kerja. Hal ini berbekal semangat dan arahan dari pembekalan KKN MAs yang dilaksanakan pada 31 Juli 2024 bertempat di Edutorium Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS).

“Untuk mengendalikan hasil panen jambu merah dan jambu kristal yang membludak di Desa Jatirejo, hendaknya kita harus mempersiapkan program kerja yang matang”, ujar Husnul Rahima, salah satu mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) UMS.

Husnul juga mengatakan bahwa di Desa Jatirejo juga memiliki UMKM unggulan yakni kerajinan sangkar burung yang dibuat oleh pemuda pemudi yang ada disana. Maka dari itu Tim KKN MAs 146 memiliki tugas yang besar untuk memajukan sektor UMKM di desa tersebut.

Tim KKN MAs 146 juga merencanakan program pencegahan stunting.

Beberapa kegiatannya adalah penyuluhan stunting kepada masyarakat desa, melakukan pengecekan tumbuh kembang anak, melakukan penyuluhan gizi seimbang, dan melakukan demonstrasi inovasi makanan pendamping.

Harapannya melalui pengabdian KKN MAs 146 ini masyarakat di Desa Jatirejo akan merasakan dampak positif dari kegiatan-kegiatan yang akan dilaksanakan. Kemudian mahasiswa yang ikut serta juga memiliki pengalaman yang berharga ketika terjun di lingkup masyarakat.
(Tim KKN MAs 146 Desa Jatirejo_Tsulusiyah)