Tim 89 KKNMAs Menggali Potensi Sumber Daya Alam Desa Wukirsawit

Tulisan dari Tim KKN MAs 2024 tidak mewakili pandangan dari redaksi News UMS

Oleh : Yantsa Kahfi Latifah

Karanganyar, 10 Agustus 2024. Sebagai bagian dari komitmen kami dalam mendukung pengembangan potensi lokal. Mahasiswa KKN MAS 89 berkesempatan melakukan kunjungan lapangan ke Dusun Pagerjurang, Desa Wukirsawit. Didampingi oleh salah satu perangkat desa, kami meninjau secara langsung kondisi pertanian yang menjadi salah satu tumpuan perekonomian masyarakat setempat. Kunjungan ini memberikan pandangan yang jelas tentang bagaimana potensi pertanian dan UMKM dapat dioptimalkan untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat.

Di area pertanian tersebut, berbagai komoditas seperti ubi jalar dan pisang Cavendish tumbuh dengan subur, di mana hasil panennya dikirim ke beberapa destinasi wisata terkenal di Kabupaten Karanganyar, seperti Tawangmangu dan Mojokerto. Selain itu, adanya potensi wisata arum jeram yang dapat dikembangkan di aliran sungai deras yang melintasi wilayah ini, menawarkan peluang besar untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat setempat.

Yang tidak kalah menarik, kami mendapati bahwa keberagaman pekerja tani di daerah ini sangat luar biasa, termasuk kehadiran Sebagai bagian dari komitmen kami dalam mendukung pengembangan potensi lokal. Mahasiswa KKN MAS 89 berkesempatan melakukan kunjungan lapangan ke Dusun Pagerjurang, Desa Wukirsawit. Didampingi oleh salah satu perangkat desa, kami meninjau secara langsung kondisi pertanian yang menjadi salah satu tumpuan perekonomian masyarakat setempat. Kunjungan ini memberikan pandangan yang jelas tentang bagaimana potensi pertanian dan UMKM dapat dioptimalkan untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat.
(Tim 89 KKN MAs 2024)