Tim KKN Kelompok 128 Desa Harjosari Siap Untuk Diterjunkan!

Tulisan dari Tim KKN MAs 2024 tidak mewakili pandangan dari redaksi News UMS

ums.ac.id, SUKOHARJO – Tim Kuliah Kerja Nyata Muhammadiyah ‘Aisyiyah (KKN MAs) 2024 Kelompok 128 Desa Harjosari, telah melaksanakan serangkaian kegiatan Pembekalan KKNMAs 2024 pada Rabu (31/7/24), sejak pukul 08.00 setempat sampai selesai yang bertempatkan di ruang Auditorium UMS. Acara ini berhasil dilaksanakan dengan bantuan oleh segenap panitia yang berpartisipasi dengan menghadirkan mahasiswa dari 46 PTMA yang didatangkan dari segala penjuru Indonesia.

Pembekalan ini bertujuan memberikan informasi dan pemahaman mendalam kepada para peserta seputar program KKNMAs tahun ini yang kebetulan mengusung tema UMKM Unggul Stunting Menurun. Selain itu, pembekalan ini juga bertujuan mengajak kepada para peserta untuk lebih mengenal dan menggali potensi wilayah yang akan mereka kembangkan selama kurang lebih 40 hari proses pelaksanaan KKNMAs 2024.

Pembekalan seputar program KKNMAs dan pemaparan lanjutan terkait masing-masing wilayah KKN disampaikan di sesi pertama dan ke-2. Disesi selanjutnya pembicara juga memberikan banyak nasihat yang dapat dijadikan pedoman dalam pelaksanaan KKNMAs 2024 oleh setiap kelompok.

Tak cukup sampai disitu, para pembicara-pembicara lain mulai didatangkan untuk memberikan nasihat dan ilmu yang dapat dijadikan pedoman dalam pelaksanaan KKN bersama anggota kelompok. Salah satu diantaranya yaitu tentang pentingnya menjaga adab dan perilaku selama pelaksanaan KKN di masing2 wilayah serta pentingnya menjaga silaturahmi dengan warga sekitar.

Selain itu, pembicara juga menyampaikan bahwa kegiatan KKNMAs ini dilakukan untuk membesarkan hati dan menyiapkan para peserta KKNMAs 2024 agar bisa menjadi kader-kader pemimpin dimasa yang akan datang. Mereka semua berasal dari berbagai suku dari indonesia, yang masing-masing memiliki keunikan dan cara menghargai yang berbeda antara satu sama lainnya. Begitu pentingnya perihal menjaga sikap dan perilaku, sehingga termasuk salah satu nasihat yang dirasa perlu disampaikan kepada segenap peserta KKNMAs 2024.

“Orang yang besar, orang yang dewasa adalah dia yang mampu memberikan penghargaan kepada orang lain, bukan meminta penghargaan dari orang lain. ,” ujar Pak Aris , sebagai pembicara sesi 3 dalam kegiatan pembekalan KKNMAs 2024.

Penulis juga mengutip kata-kata yang cukup bagus dari salah satu pembawa acara pada kegiatan pembekalan hari ini yaitu cantik dan tampan soal kualitas, akhlak dan ilmu soal integritas. (KKNMAs Kel 128 Desa Harjosari, Kec.Karangpandan, Kab. Karanganyar).

Rundown acara pembekalan hari ini secara umum:
1. Pemaparan wilayah Sukoharjo
2. Wilayah Karanganyar
3. Materi pak aris
4. Materi dari bagian Humas UMS (teknik penulisan berita di media massa dan pembuatan konten di medsos)
5. Pemaparan teknis transportasi keberangkatan peserta KKNMAs