TIM KKN MAs 30, Mengadakan Digitalisasi UMKM bersama Shopee di Balai Desa Mojorejo

Tulisan dari Tim KKN MAs 2024 tidak mewakili pandangan dari redaksi News UMS

SUKOHARJO, Senin 12 Agustus 2024 – TIM KKN MAs 30 mengadakan kegiatan digitalisasi UMKM bersama Shopee di Balai Desa Mojorejo.

Kegiatan ini merupakan upaya TIM KKN MAs 30 untuk mendukung perkembangan UMKM Desa Mojorejo. Acara dihadiri pihak Shopee, Perangkat Desa, 48 Warga Pelaku UMKM. Acara dimulai dengan sambutan oleh perangkat desa kemudian dilanjutkan oleh pihak Shopee.

Kegiatan selanjutnya yaitu pemberian sosialisasi pembuatan akun Shopee untuk berjualan bagi pelaku UMKM yang dilakukan oleh pihak dari Shopee. Pihak Shopee memberikan penyuluhan pentingnya pembuatan akun Shopee untuk berjualan karena dapat meningkatkan penjualan warga, karena usaha UMKM warga dapat dikenal bukan cuma oleh masyarakat desa tapi bisa dikenal oleh masyarakat dari luar desa.

Warga diberikan pendamping pembuatan akun Shopee untuk berjualan, disini TIM KKN MAs 30 membantu warga yang terkendala atau tidak paham dalam pembuatan akun Shopee, adapun kendala dalam kegiatan ini yaitu kebanyakan pelaku UMKM adalah orang tua, sehingga ada yang belum paham cara pembuatan akun Shopee serta kegunaannya.

Pihak Shopee selanjutnya memberikan tutorial kepada pelaku UMKM bagaimana cara mereka mengupload barang jualan mereka diakun Shopee, serta penentuan harga barang yang akan dijual.

Dengan diadakannya kegiatan digitalisasi UMKM bersama Shopee diharapkan pelaku UMKM yang mengikuti kegiatan ini pendapatan UMKM warga sekitar dapat meningkat & UMKM warga dapat berkembang menjadi besar. Syukur alhamdulillah kegiatan berjalan dengan baik.

(Tim KKN MAs 30 Mojorejo, Sukoharjo)