Tim KKN MAs Kelompok 91 Desa Jatiyoso Siap Mengabdi Kepada Masyarakat

Tulisan dari Tim KKN MAs 2024 tidak mewakili pandangan dari redaksi News UMS

SURAKARTA, 31 Juli 2024 –  Tim KKN MAs Kelompok 91 Desa Jatiyoso telah mengikuti Pembekalan Kuliah Kerja Nyata Muhammadiyah ‘Aisyiyah (KKN MAs) 2024 yang diselenggarakan di Gedung Editorium Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS). Acara ini merupakan bagian penting dalam persiapan mahasiswa untuk terjun langsung ke lapangan dan melakukan kegiatan pengabdian masyarakat.

Tim KKN MAs Kelompok 91 yang akan ditempatkan di Desa Jatiyoso, Kecamatan Jatiyoso, telah mengikuti pembekalan yang mencakup berbagai materi penting. Materi tersebut meliputi konsep pelaksanaan KKN MAs, konsep pemberdayaan dan teknik fasilitasi, serta tata tertib pelaksanaan KKN MAs.

Tim KKN MAs Kelompok 91 merupakan kelompok dari KKN MAs yang diterjunkan di Kabupaten Karanganyar, penerjunan kelompok KKN MAs di Kabupaten Karanganyar dilakukan pada tanggal 2 Agustus 2024, dengan menggunakan Engkel yang disediakan oleh UMS, penerjunan langsung mahasiswa ke Desa Jatiyoso.

Pembekalan ini juga dihadiri oleh Prof. Dr. Suwarno, M.Si., Ketua Pengurus Pusat KKN MAs, yang memberikan sambutan dan pesan motivasi kepada para mahasiswa. Prof. Suwarno menyampaikan tema KKN MAs 2024 yaitu ‘UMKM Unggul, Stunting Menurun: Inovasi dan Digitalisasi UMKM Melalui Potensi Lokal dan Pemberdayaan Pencegahan Stunting Menuju Indonesia Emas 2045’.

Ketua Panitia KKN MAs, Prof. Dr. Kuswaji Dwi Priyono, M.Si., mengungkapkan bahwa persiapan sudah dilakukan sedemikian rupa. Pada tanggal 1 Agustus, akan ada pelepasan mahasiswa seluruhnya di Edutorium UMS, dan khusus untuk yang berlokasi di Kabupaten Sukoharjo akan langsung diantar ke desa-desa yang sudah terpilih. Mahasiswa KKN MAs diharapkan dapat membawa semangat inovasi dan pemberdayaan bagi masyarakat desa.

Dengan berakhirnya pembekalan ini, Tim KKN MAs Kelompok 91 siap untuk terjun ke Desa Jatiyoso dan melakukan kegiatan pengabdian masyarakat yang bermanfaat bagi masyarakat setempat. Tim KKN MAs Kelompok 91 telah bersiap untuk penerjunan di Desa Jatiyoso pada tanggal 2 Agustus 2024 nanti. ( Tim KKN MAs Kelompok 91 Desa Jatiyoso, Kabupaten Karanganyar)