Tim KKNMAs 61 Jadi Panitia Acara Tirakatan 17 Agustus Dusun Blimbing RT 03 RW 05 Wonorejo

Tulisan dari Tim KKN MAs 2024 tidak mewakili pandangan dari redaksi News UMS

Sukaharjo, 16 Agustus 2024 – Malam Tirakatan 17 Agustus merupakan salah satu tradisi masyarakat yang memiliki makna mendalam dalam rangka menyambut peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia. Acara ini umumnya digelar pada malam sebelum tanggal 17 Agustus, tepatnya pada tanggal 16 Agustus. Di dusun Blimbing RT 03 RW 05 Wonorejo , Sukoharjo.

malam tirakatan akan dimulai dengan serangkaian kegiatan yang meriah, dimulai dari pembukaan yang diikuti dengan pembacaan doa pembuka, sebagai bentuk syukur dan permohonan untuk keselamatan dan kebahagiaan bangsa. Kemudian, diadakan pula penyanyian Lagu Indonesia Raya yang akan menggugah semangat nasionalisme dan rasa bangga terhadap tanah air. Setelah itu, acara akan dilanjutkan dengan pembagian doorprize dan penyerahan hadiah lomba atau penghargaan kepada para pemenang, menambah keceriaan dan antusiasme para peserta.

Malam tirakatan ini bukan hanya sebagai ajang perayaan, tetapi juga sebagai kesempatan berharga untuk mempererat semangat kebersamaan dan kekompakan warga dalam menyambut peringatan kemerdekaan. Suasana hangat dan penuh keceriaan dalam acara ini diharapkan dapat memperkuat rasa persatuan dan cinta tanah air di tingkat komunitas, serta meninggalkan kenangan yang menyenangkan bagi seluruh warga.

(KKN MAs UMS 2024/ Kelompok 61)